Waspadalah Akan Godaan Setan

Waspadalah Akan Godaan Setan

Masterpendidikan.com —  Waspadalah Akan Godaan Setan —  Setan adalah salah satu makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, namun asal penciptaannya berbeda. Setan diciptakan berasal dari api yang panas membara. Salah satu perbuatan setan yang tidak akan pernah lelah dan berhenti hingga hari kiamat tiba adalah menggoda manusia. Setan berkeinginan agar seluruh manusia menjadi sesat dan jauh dari Allah SWT.

Allah berfirman dalam Surat Al Anam yang artinya:

“Dan demikianlah untuk setiap nabi Kami menjadikan musuh yang terdiri dari setan-setan manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan yang indah sebagai tipuan. Dan kalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak akan melakukannya, maka biarkanlah mereka bersama apa (kebohongan) yang mereka ada-adakan.”
(worldquran.com/al-anam)

Dari uraian ayat di atas, diterangkan bahwa setan menggoda manusia dengan cara membisikkan kata-kata yang indah sehingga pada akhirnya manusia sulit atau tidak mampu membedakan mana yang benar dan yang salah. Setan menggunakan cara-cara yang lembut yang dapat membuat manusia tanpa sadar menjadi tergelincir ke dalam maksiat dan dosa.

Semisal kita terbangun di waktu fajar namun belum masuk masa subuh. Setan akan membisikkan ke kita betapa nyamannya tidur dalam udara dingin dan tidak ada salahnya tidur sebentar lagi sambil menunggu waktu subuh tiba. Lembut cara yang digunakan syaitan sehingga manusia terpesona dan terjebak dalam bujuk rayunya.

Alangkah beruntungnya manusia apabila mau selalu mengingat pesan Allah SWT dalam Surat Yasinayat 62 yang artinya:

“Dan sungguh, ia (setan itu) telah menyesatkan sebagian besar di antara kamu. Maka apakah kamu tidak mengerti?” (worldquran.com/yasin)

BACA JUGA :   Sejarah Singkat Kerajaan-Kerajaan Islam di Papua

Ayat di atas menjelaskan pengaruh serta akibat godaan setan kepada umat manusia, yaitu menjadi ingkar dan tidak menaati Allah SWT. Bahkan banyak di antara mereka yang menuhankan selain Allah.

Alangkah lemahnya hati manusia, sehingga bisa kalah dengan godaan setan. Padahal manusia telah dianugerahi akal, pikiran dan tuntunan yang disampaikan lewat Nabi yang seharusnya dipakai untuk dapat membedakan mana hal yang benar dan mana hal yang salah, mana jalan yang lurus dan mana jalan yang sesat.

Sesungguhnya, hanyalah dengan pertolongan Allah SWT, kita dapat melawan godaan setan. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kita selalu berdoa memohon pertolongan dan perlindungan Allah SWT.

You May Also Like

About the Author: admin