9 Pengertian Data Menurut Para Ahli

9 Pengertian Data Menurut Para Ahli

9 Pengertian Data Menurut Para Ahli – Data sering kali disebutkan dalam keseharian kita, akan tetapi banyak dari kita yang tidak mengetahui, Apa itu data?. Disni seputar pendidikan merangkum beberapa pengertian data menurut para ahli. Adapun definisi dari data secara umum ialah kumpulan fakta, kejadian yang diperuntukkan sebagai penyelesaian masalah dlam bentuk suatu informasi.

9 Pengertian Data Menurut Para Ahli

Pengertian Data Menurut Para Ahli

1. Wahyu Supriyanto & Ahmad Muhsin
Menurut beliau, Data merupakan bahan baku dalam sebuah informasi, atau kelompok yang teratur dengan simbol-simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan, benda, & sebagainya.

2. Zulkifli A. M.
Menurut beliau, Data merupakan keterangan akan bukti mengenai sesuatu kenyataan yang masih mentah dan belum diolah.

3. Haer Thalib
Menurut beliau, Data merupakan sekumpulan fakta yang merupakan sebuah kejadian atau kenyataan.

4. Arikunto
Menurut beliau, Data merupakan fakta dan angka-angka yang dapat di jadikan bahan sebagai penyusun sebuah informasi.

5. Kristanto
Menurut beliau, Data merupakan suatu fakta mengenai objek dan dapat mengurangi derajat ke tidak pastian tentang hal keadaan atau kejadian.

6. Lia Kuswayatno
Beliau Menjelaskan, Data merupakan suatu kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata.

7. Selamet Riyadi
Beliau Menjelaskan bahwa data merupakan sekumpulan informasi yang didapatkan dari pengamatan yang mana data dapat berupa angka-angka atau lambang.

8. The Liang Gie
Data Merupakan Hal, peristiwa atau kenyataan lainnya apapun yang mengandung sesuatu pengetahuan untuk dijadikan dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan/penerapan keputusan. Data ialah ibarat bahan mentah yang melalui pengolahan tertentu lalu menjadi keterangan (informasi).

9. Gordon B. Davis
Menurut beliat, Data merupakan bahan mentah bagi informasi, yang dirumuskan sebagai kelompok lambang-lambang tidak acak yang menunjukkan jumlah-jumlah, tindakan-tindakan, hal-hal, dan sebagainya. Data-data dibentuk dari lambang grafis, yakni seperti *, $, & ~. Data- data disusun untuk mengolah tujuan-tujuan menjadi susunan data, susunan kearsipan, & pusat data/landasan data.

BACA JUGA :   Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Dan Jenis Power Supply Komputer Terlengkap

Itulah sekilas tentang pengertian data menurut para ahli, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita. Semoga dapat berjumpa dilain kesempatan. Terima Kasih.

You May Also Like

About the Author: admin