Sejarah Permainan Futsal Dunia Dan Indonesia

Posted on
Rate this post

Sejarah Permainan Futsal Dunia Dan Indonesia – Futsal berasal dari bahasa Spanyol yakni Futbol dan Sala, Futbol yang artinya sepak bola dan Sala yang artinya Ruangan, bila kita digabungkan maka artinya menjadi sepak bola dalam ruangan. Menurut FIFA asal dari Futsal bermula pada tahun 1930 tepatnya di Montevideo, Uruguay. Juan Carlos Ceriani ialah orang yang pertama kali memperkenalkan futsal, ia merupakan seorang pelatih sepak bola yang berasal dari Argentina.

Futsal mendapatkan perhatian karena di seluruh Amerika Selatan karena keunikannya terutama di Brasil. Keterampilan yang bisa terus dikembangkan dalam permainan ini dapat kita lihat dalam gaya yang terkenal do dunia dan diperlihatkan oleh para pemain Brasil di luar ruangan, di lapangan dengan ukuran yang biasa, Pele yang merupakan pemain bintang dari Brasil mengembangkan bakatnya di futsal. Sekarang ini Brasil menjadi pusat futsal dunia, futsal sekarang berada dibawah naungan Federation Internationale de Fotball Association di deluruh dunia, dimulai dari Eropa sampai Amerika Tengah dan Utara lalu Afrika, Asia dan Oseania.

Sejarah Permainan Futsal Dunia Dan Indonesia

Sejarah tersebut tidak bisa diterima begitu saja karena terdapat beberapa negara yang mengklaim bahwa futsal berasal dari negara mereka yakni Kanada dan Brasil.

Di Brasil, futsal sangat berkembang dengan pesat dan pada tahun 1936 dibuatlah seuatu kesepakatan dan penetapan aturan dalam permainan futsal. Saat itu permainan futsal tidak banya berbeda dengan permainan futsal saat ini. Dengan adanya peraturan ini maka futsal akan terus berkembang dan banyak digemari di Amerika Latin bahkan di dunia.

Futsal mulai dikenal di Italia pada tahun 1950-an, futsal diperkenlakan oleh pemain import dari Amerika Latin yang bermain di Seri A atau Liga Italia. Saat mendapat waktu senggang, para pemain tersebut bermain futsal dan dengan begitu permainan futsal semakin dikenal dan digemari.

Berbeda dengan di Inggris, pemain sepak bola sering melakukan latih tanding enam lawan enam di lapangan berumput. Di Inggris juga sangat terkenal sampai suatu waktu diselenggarakan turnamen futsal yang disponsori London Express yang merupakan salah satu harian terkemuka di London.

Futsal berkembang jauh lebih cepat di Spanyol karena budaya dan gaya bermain bola di Spanyol sangat mirip dengan budaya di Amerika Latin. Kompetisi Internasional futsal di laksanakan pertama kali pada tahun 1965 dan dimenangkan oleh Paraguay. Selanjutnya pada tahun-tahun selanjutnya sampai tahun 1979 Brasil juga berhasil menjuarai kompetisi ini. Brasil juga berhasil menjuarai piala Pan Amerika pada tahun 1980 untuk pertama kalinya dan pada tahun 1984.

Pada tahun 1974 dilaksanakan pertamuan perwakilan futsal dari negara-negara. Pertemuan itu dilaksanakan di Sao Paulo ini menggagas di bentuknya The Federacao Internationale de Futebol de Salo atau Federasi Futsal AS yang disingkat dnegan FIFUSA sebagai organisasi yang resmi mewadahi futsal. Saat pertemuan itu berlangsung FIFUSA menunjuk Joao Havelange sebagai ketua umum dan setelah FIFUSA banyak dikenal maka semakin cepat pula futsal menyebar di smua penjuru dunia.

Pertama kali kejuaraan futsal di selenggarakan oleh FIFUSA pada 1982 di Sao Paulo Brasil dan Brasil juga yang menjadi juara. Tiga tahun kemudian acara yang sama di gelar di Spanyol dan ini merupakan kali pertama even tiga tahunan yang diselenggarakan di benua Eropa dan terulang kembali Brasil menjadi juara dan pada tahun 1988 akhirnya Brasil berhasil dikalahkan oleh Paraguay di Australia.

Setelah tahun demi tahun dilewati, futsal begitu dikenal dan FIFA menjadi tertarik karena bagaimanapun futsal juga ikut memajikan industri sepakbola internasional. FIFA secara resmi memasukan futsal sebagai salah satu bagian dari sepak bola pada tahun 1989 dan FIFA juga mengambil alih penyelengaraan kejuaraan futsal dunia. PErtama kali digelar kejuaraan futsal dunia dilaksanakan di Belanda pada tahun 1989 dan yang kedua di laksanakan di Hong Kong tahun 1992 dan Brasil menjadi juara kedua di edisi ini.

Sejarah Futsal di Indonesia

Sekitar 1998 hingga 1999 futsal masuk ke Indonesia dan pada tahun 2000-an futsal mulai dikenal oleh masyarakat dan saat itu futsal mulai berkembang dengan banyaknya sekolah-sekolah futsal di Indonesia dan pada tahun 2002 AFC meminta Indonesia untuk menggelar kejuaraan Piala Asia.

Saat ini futsal sudah berkembang di Indonesia namun hingga sekarang futsal hanya bersifat rekreatif saja dan belum menjadi olahraga profesional. Saat ini hanya bagimana cara BFN atau Badan Futsal Nasional dengan PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia dapat melakukan kerja sama untuk membawa olahraga ini dapat bisa dinikmati oleh semua warga masyarakat dan menjadi sebuah olahraga profesiaonal.

Bapak Justin Laksana merupakan seorang yang membawa futsal ke Indonesia, prestasi timnas Futsal Indonesia sebenarnya sangat membanggakan yakni masuk dalam peringkat ke 50 dunia dan berhasil menjadi juara di ASEAN Football Federation atau AFF Futsal pada tahun 2010.

Itulah sekilas penjelasan tentang Sejarah Permainan Futsal Dunia Dan Indonesia, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga >>>