Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Tradisi Serta Penyebab Dari Perubahan Tradisi

Posted on
Rate this post

Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Tradisi Serta Penyebab Dari Perubahan Tradisi – Tradisi atau yang sering kita sebut dengan kebiasaan ialah sesuatu yang sudah dilaksanakan dejak lama dan akan terus menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dilakukan oleh suatu negara, waktu, kebiasaan atau agama yang sama.

Dalam pengertian lain, tradisi ialah semua yang diwariskan atau diasulurkan dari masa lalu ke masa saat ini. Dalam arti smepit, tradisi ialah suatu warisan sosial khusus yang memenuhi syarat saja yakni yang masih bertahan hingga sekarang, yang ikatannya masih tetap kuat dengan kehidupan.

Dari sudut benda materialnya ialah benda yang menunjukan dan mengingatkan hubungan khususnya dengan kehidupan zaman dahulu.

Tujuan Suatu Tradisi

Tradisi yang ada di masyarakat mempunyai tujuan agar hidup manusia kaya akan budaya dan nilai-nilai sejarah. Selain sebagai ekkayaan budaya, tradisi juga akanh membuat kehidupan kita menjadi harmonis. Semua itu akan terwujud jika kita menghargai, menghormati serta menjalankan suatu tradisi dengan baik dan benar serta sesuai dengan aturannya.

Fungsi Suatu Tradisi

– Memberikan Legitimasi Pada Pandangan Hidup

Sebuah tradisi akan memberikan legitimasi pada pandangan hidup, seperti keyakinan, pranata dan aturan yang sudah ada. Semuanya membutuhkan pembenaran supaya dapat mengikat anggotanya. Seerti wewenang pada seorang raja yang disahkan oleh sebuah tradisi dari semua dinasti terdahulu.

– Penyedia Fragmen Warisan Historis

Tradisi yang dirasa seperti suatu gagasan dan material yang dapat digunakan orang dalam tindakan sekarangd an unutk membangun masa dengan dengan dasar pengalaman masa lalu.

– Menyediakan Simbol Identitas Kolektif

Simbol identitas kolektif yang meyakinkan, memperkuat sebuah loyalitas primodial pada bangsa, komunitas dan kelompok.

– Tempat Pelarian

Sebagai tempat pelarian dari keluhan, ketidakpuasan serta kekecewaan pada kahidupan modern. Tradisi yang memberi kesan masa lalu yang lebih bahagia akan menjadi pengganti kebahagiaan bila masyarakat berada dalam kritis.

Penyebab Dari Perubahan Tradisi

Karena banyaknya tradisi danbentrokan antara tradisi satu dengan yang lainnya. Benturan ini dapat terjadi pada masyarakat ayau antara kultur yang berbeda atau didalam masyarakat tertentu. Dari segi kuantitatifnya, dapat kita lihat dari umlah penganut atau pendukunya. Sekelompok orang atau rakyat bida diajak untuk mengikuti tradisi tertentu yang kemudian mempengtaruhi semua rakyat satu negara atau bahkan dapat menjacapai skala dunia.

Dari segi kualitatifnya ialah perubahan kadar tradisi, gagasan, nilai dan simbol tertentu yang dutambahkan dan yang lainnya dibuang.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Tradisi Serta Penyebab Dari Perubahan Tradisi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>