Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, Konsep dan Unsur Kebugaran Jasmani

Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, Konsep dan Unsur Kebugaran Jasmani

Posted on

Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, Konsep dan Unsur Kebugaran Jasmani – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kebugaran Jasmani, apa itu Kebugaran Jasmani. Dan untuk lebih jelasnya tentang Kebugaran Jasmani silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani sendiri ialah kemampuan dimana seseorang dapat melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Maksudnya yaitu seseorang tersebut masih memiliki tenaga cadangan dan selalu bersemangat untuk melakukan aktivitas lainnya. Adapun Faktor yang dapat mempengaruhi dari kebugaran seseorang yaitu seperti dari makanan yang bergizi, kebiasaan hidup sehat, dan aktivitas jasmani yang dilakukan secara teratur serta pola istirahat yang cukup.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Adapun manfaat yang diperoleh dari kebugaran jasmani diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Kebugaran Jasmani Dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja dari jantung.
  • Kebugaran Jasmani Dapat Meningkatkan stamina serta kekuatan tubuh agar dapat menjadi lebih energik.
  • Kebugaran Jasmani Dapat Mempunyai kemampuan dalam hal pemulihan organ-organ tubuh dengan tepat setelah latihan.
  • Kebugaran Jasmani akan membuat kita Memiliki respon tubuh yang tepat.
  • Kebugaran Jasmani Dapat mengurangi risiko obesitas (Penumpukkan lemak).
  • Kebugaran Jasmani Dapat mencegah terkena penyakit jantung.
  • Kebugaran Jasmani Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Kebugaran Jasmani dapat Mengatasi depresi.
  • Serta Kebugaran Jasmani dapat menghindarkan diri dari osteoporosis (tulang keropos).

Fungsi Dan Tujuan Kebugaran Jasmani

Untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani tentunya seseorang tersebut harus melakukan latihan yang teratur. Karena kurangnya daya tahan kelenturan persendian, kekuatan serta kelincahan akan menyebabkan kondisi fisik seseorang tidak sempurna. Berikut ini fungsi dan tujuan dari kebugaran jasmani diantaranya, yakni sebagi berikut :

  • Kebugaran Jasmani Akan meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf dan fungsi jantung.
  • Kebugaran Jasmani Akan Meningkatkan komponen kelenturan, stamina dan kecepatan.
  • Kebugaran Jasmani Akan Mempercepat dalam pemulihan fungsi dari organ tubuh setelah berlatih atau bahkan pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya seperti : ibu hamil, orang tua serta pemulihan setelah sakit.
  • Bagi seorang olahragawan derajat kebugaran jasmani yang tinggi akan berfungsi untuk meningkatkan prestasi.
  • Kebugaran Jasmani dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan bagi balita (dibawah 5 tahun) dan anak-anak.

Konsep Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani juga tidak melulu hanya menggambarkan kesehatan saja, namun lebih ke cara mengukur individu dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Dan ada tiga hal yang penting dalam kebugaran jasmani yaitu :

  • Fisik itu berhubungan dengan otot, tulang serta bagian lemak.
  • Fungsi organ berhubungan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah dan paru-paru atau pernafasan.
  • Respon otot berhubungan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan dan kekuatan.

Dalam hal kebugaran jasmani yang dibutuhkan oleh setiap orang tentu akan berbeda-beda, hal ini karena tergantung sifat tantangan fisik yang dihadapinya.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Dan berikut ini adalah unsur-unsur kebugaran jasmani diantaranya yaitu :

Kekuatan (Strength)
Kekuatan sendiri merupakan suatu kemampuan dari seseorang untuk mempergunakan otot dalam menerima beban sewaktu bekerja. Kekuatan otot bisa diraih dari latihan dengan beban berat dan frekuensi sedikit.

Daya Tahan (Endurance)
Daya tahan sendiri merupakan suatu kemampuan dari seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya, yakni seperti jantung dan paru-paru secara efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas.

Daya Otot (Muscular Power)
Daya otot atau yang disebut juga dengan daya ledak otot (explosive power) merupakan kemampuan dari seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Kecepatan (Speed)
Kecepatan sendiri merupakan suatu kemampuan dari seseorang dalam melakukan gerakan yang berkesinambungan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Adapun bentuk dari latihan yang dilakukan dalam meningkatkan kecepatan ialah dengan berlari 50-200 meter.

Daya Lentur (Flexibility)
Daya lentur itu melihat pada efektivitas tubuh dari manusia dalam hal menyesuaikan diri dengan gerakan atau aktivitas yang mengandalkan kelenturan tubuh.

Kelincahan (Agility)
Kelincahan sendiri merupakan kemampuan dari seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi-posisi tubuh, yakni seperti dari depan ke belakang atau dari kiri ke kanan.

Koordinasi (Coordination)
Koordinasi itu merupakan suatu kemampuan dari seseorang dalam menyatukan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif.

Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan sendiri merupakan suatu kemampuan seseorang dalam mengendalikan organ dan syarat otot sehingga ia dapat mengendalikan gerakan tubuh dengan baik.

Ketepatan (Accuracy)
Ketepatan merupakan suatu kemampuan dari seseorang dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran.

Reaksi (Reaction)
Reaksi merupakan suatu kemampuan dari seseorang dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan oleh orang lain.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, Konsep dan Unsur Kebugaran Jasmani, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...