Pengertian, Materi, Struktur dan Fungsi Tajuk Rencana

Posted on

Pengertian, Materi, Struktur dan Fungsi Tajuk Rencana – Kali ini kita akan membahas tentang Tajuk Rencana. Apa itu Tajuk Rencana, tentu kita sering mendengar kata ini. Namun banyak diantara kita yang belum paham apa itu Tajuk Rencana, agar lebih paham tentang Tajuk Rencana, silahkan baca penjabaran dibawah ini :

Pengertian Tajuk Rencana

Pengertian, Materi, Struktur dan Fungsi Tajuk Rencana

Tajuk rencana ialah tulisan pada penerbitan suatu media massa yang menceerminkan pandangan media massa yang bersangkutan mengenai suatu isu penting. Dalam pengertian lain, tajuk rencana ialah suatu opini dan juga sikap resmi dari media sebagai institusi penerbitan terhadap peristiwa atau persoalan yang menjadi perbincangan oleh masyarakat luas.

Materi Tajuk Rencana

Biasanya tajuk rencana berisi beberapa materi, antara lain :

– Informasi

Menjelaskan peristiwa yang sedang berkembang dan banyak dibicarakan oleh masyarakat secara aktual.

– Menjelaskan

Berisi penjelasan rinci dan jelas terhadap suatu masalah yang sedang banyak di bicarakan oleh masyarakat dan interpensi tertentu.

– Argumentatif

Dalam menulisnya melakukan analisa yang berlandaskan sebuah alasan-alasan yang di dukung oleh data dan fakta akurat, kemudian menjelaskan jawaban-jawaban dari pertanyaan sebab akibat.

– Membujuk

Materi bersifat membujuk untuk mengajak bermacam kalangan untuk merespom peristiwa yang sedang terjadi.

– Memuji

Materi yang memberikan atau berisi suatu penghargaan pada suatu pihak yang dinilai atau dirasa telah berhasil melakukan sesuatu atau karena sudah berjasa pada masyarakat luas.

– Menghibur

Materi yang memberikan hiburan pada pembacanya. Pada umunya berisikan humor atau lelucon yang digunakan untuk mengajak masyarakat memperhatikan suatu kejadian atau fenomena yang sedang terjadi atau berkembang atau diperbincangkan oleh masyarakat.

Struktur Teks Pada Tajuk Rencana

Bagian yang terpisah yang membangun suatu tajuk rencana sehingga akan menjadi teks yang utuh, struktur teks secara umum ialah :

– Pertanyaan Pendapat ” Thesis Statement

Pertanyaan pendapat yang isinya topik tentang fenomena atau masalah yang akan dibahas. Ini juga bisa dikatakan sebagai sudut pandang penulis tentang fenomena yang sedang berkembang. Dibagian ini mengacu ke pertanyaan atau dapat selanjutnya mengacu pada sebuah teori yang selanjutnya akan diperkuat oleh argumen.

– Alasan “Argumen”

Alasan yang lebih memperkuat opini yang disampaikan, argumen ini bisa berupa sebuah fakta, pertanyaan umum, menurut para ahli, pendapat dari hasil penelitian dan lain sebagainya. Di bagian ini penulis akan berusaha untuk meyakinkan pada masyarakat bahwa apa yang ia tulis memang benar adanya.

– Pertanyaan Ulang Pendapat “Reiteration”

Ini ialag bagian akhir dari teks yang berisi penegasan atau pernyataan kembali tentang pendapat yang sudah ditulis supaya pembaca akan semakin yakin tentang teks tersebut, umumnya ada juga yang disertai dengan saran untuk pembaca.

Fungsi Tajuk Rencana

Dari Penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan tajuk rencana berfungsi untuk menjelaskan berita, menjelaskan arti dan sebab dari suatu kejadian pada masyarakat luas. Tajuk rencana juga mengisi latar belakang yang berkaitan dengan fakta sosial dan faktor yang bisa mempengaruhinya dengan kesemua atau menyeluruh. Di dalam suatu tajuk rencana terdapat analisa tentang kondisi yang berguna untuk mempersiapkan masyarakat tentang berbagai kemungkinan yang bisa terjadi dan bisa meneruskan penilaian secara moral terhadap berita tersebut.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Materi, Struktur dan Fungsi Tajuk Rencana, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...