Pengertian, Peranan dan Penetapan Harga

Pengertian, Peranan dan Penetapan Harga

Posted on

Pengertian, Peranan dan Penetapan Harga – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Harga. Dimana pokok bahasan kita kali ini tentang Pengertian, Peranan dan Penetapan Harga. Untuk menjawab rasa penasaran tentang Harga, silahkan simak penjelasan berikut ini :

Pengertian Harga

Pengertian dari Harga ialah elemen bauran pemasaran yang bisa menghasilkan pendapatan melalui penjualan. Oleh sebab itu, perusahaan harus bisa menetapkan harga dari produknya dengan baik dan tepat agar konsumen tertarik dan ingin membeli produk-produk yang ditawarkan agar perusahaan mendapatkan keuntungan.

Adapun Definisi lain Harga menurut Kotler dan Armstrong, 2010:314. Harga ialah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa atau juga jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena mempunyai atau menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

Peranan Harga

Menurut Fandy Tjiptono, 2008:471 Harga juga memiliki peranan penting bagi perekonomian secara makro, konsumen dan perusahaan, yaitu sebagai berikut :

Bagi Perekonomian

Harga produk tentu juga mempengaruhi tingkat upah, sewa, bunga dan laba. Hal ini karena Harga merupakan regulator dasar dalam sistem perekonomian, dan berpengaruh terhadap alokasi faktor-faktor produksi, yaitu seperti tenaga kerja, tanah dan kewirausahaan.

Bagi Konsumen

Mayoritas konsumen sedikit sensitif terhadap harga, tetapi juga mempertimbangkan faktor lain, yaitu seperti citra, merek, lokasi toko, layanan, nilai atau value dan kualitas. Selain itu, persepsi konsumen terhadap kualitas produk kerap kali dipengaruhi oleh harga. Dalam beberapa kasus, harga yang mahal akan dianggap mencerminkan kualitas yang tinggi, terutama dalam kategori specialty (spesial) products.

Bagi Perusahaan

Harga produk adalah determinan (Faktor) utama bagi permintaan atas produk yang bersangkutan. Harga juga mempengaruhi posisi bersaing dan pangsa pasar perusahaan. Dan dampaknya harga juga akan berpengaruh pada pendapatan dan laba bersih suatu perusahaan. Singkat kata perusahaan mendapatkan uang melalui harga yang dibebankan atas produk atau jasa yang dijualnya.

Penetapan Harga

Sebuah perusahaan harus menetapkan harga yang sesuai dengan nilai yang diberikan dan dimengerti oleh pelanggan. Jika harga yang diberikan lebih tinggi dari nilainya maka kemungkinan besar perusahaan tidak akan mendpatkan untung, dan jika harga lebih rendah dari nilai maka perusahaan kemungkinan tidak berhasil mendapatkan untung. “Benyamin Molan, 2005 : 142”

Tujuan ditetapkannya sebuah harga menurut Rahman, terjadi karena tiga orientasi yakni :

– Pendapatan

Hampir semua perusahaan bisnis menargetkan pada pendapatan, hanya perusahaan level nirlaba atau penyedia jasa publik yang pada umumnya fokus pada titik impas.

– Kapasitas

Beberapa sektor dalam bisnis umumnya menyesuaikan antara permintaan dan penawaran dan memanfaatkan kepasitas produksi maksimal.

– Pelanggan

Umumnya menetapkan harga yang akan diberikan cukup representatif dengan mengakomodasi semua tipe pelanggan segmen pasar dan berbedaan dalam daya beli, perusahaan bisa menggunakan sistem potongan harga atau diskon, bonus, hadiah dan lain sebagainya.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Peranan dan Penetapan Harga, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...