Peran Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi

Posted on

Peran Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi

Peran Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kegiatan Ekonomi dan Peran Pelaku Ekonomi, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya dibawah ini :

Peran Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi

1. Rumah Tangga

Suatu kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi pada barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau keluarganya. Rumah tangga juga merupakan kelompok masyarakat sebagai pemilik dari faktor-faktor produksi. Untuk dapat melaksanakan kegiatan konsumsinya, maka setiap rumah tangga atau individu harus mempunyai pendapatan.

Pendapatan bisa diperoleh dari perusahaan dengan cara-cara :

  • Rent atau sewa, yakni balas jasa yang diterima oleh rumah tangga karena sudah menyewakan tanahnya pada pihak lain, seperti perusahaan.
  • Wage atau upah, yakni balas jasa yang diterima oleh rumah tangga karena sudah mengorbankan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan dalam kegiatan produksi.
  • Interest atau bunga, balas jasa yang diterima oloeh rumah tangga dari perusahaan karena sudah memberi pinjaman sejumlah dana sebagai modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi.
  • Profit atau laba, Balas jasa yang diterima oleh rumah tangga dari rumah tangga produsen, karena sudah mengorbankantenaga serta pikiran untuk mengelola perusahaan sehingga perusahaan bisa mendapatkan untung.

Dilihat dari kegiatan-kegiatan tersebut maka terdapat interaksi antara rumah tangga dan perusahaan yang menjadi penyebab terjadinya aloran arus uang dan arus barang atau arus jasa. Bisa kita lihat peran rumah tangga konsumen sebagai dibawah ini :

a. Rumah tangga sebagai pemasok faktor produksi pada perusahaan untuk kegiatan produksi.

b. Rumah tangga sebagai pemakai barang atau jasa yang telah dihasilkan olej perusahaan untuk memenuhi kebutuha hidup.

2. Produsen atau Perusahaan

Dalam ilmu ekonomi, kegiatan prsukdi ialah usaha untuk bisa menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kepentingan orang lain. Kegiatan ini dilakukan oleh perusahaan. Dilhat dari pemiliknya, maka perusahaan bisa dimiliki oleh negara dan dimiliki oleh swasta, baik itu dlam bentuk milik perorangan atau milik bersama.

Si salam rangkaian ekonomi, sebuah perusahaan berperan dalam kegiatan produksi barang dan jasa termasuk dalam kegiatan distribusinya atau kegiatan pemasaran, ada saatnya perusahaan tidak memproduksi sendiri sebauh barang, contohnya yang dilakukan pada perusahaan dagang.

Peran perusahaan ialah sebagai berikut :

– Sebagai Produsen

Mengahsilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh rumag tangga keluarga, pemerintah, bahkan yang diperlukan oleh masyaralat luar negeri. Karenanya setiap perusahaan diharuskan untuk selalu memperhatikan kualitas dan kuantitas dari produknya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

– Sebagai distributor

Sebagai sebuah mata rantai penyaluran barang dalam rangka melayani konsumen supaya barang yang dibuthkan bisa sampai pada konsumen tepat pada waktunya, tempat yang tepat, tepat pada sasaran, tepat kuantitasnya, serta tepat kualitasnya, sehingga barang yang dibuthkan mudah untuk didapatkan.

– Agen Pembangunan

Kegiatan sebuah perusahaan sebagai agen pembangunan ini ditujukan untuk meningkatkan produksi dengan melalui penelitian dan pengembangan. Setiap perusahaan akan selalu berusahan supaya tidak ketinggalan teknologi dan ilmu dan bisa mengembangkan diri sesuai dengan kemajuan bangsa. Sebuah perusahaan yang sudah mencapai sukses bisa dikatakan berfungsi sebagai agen pembangunan. Perusahaan yang seperti ini tidak cuma mengejar keuntungan saja bagi peimilik modal akan ettapi ia juga akan bertanggung jawan atas kesejahteraan karyawannya dan masyarakat sekitar.

3. Pemerintah

Ini merupakan pihak yang memiliki pran penting dalam perekonomian. Pemerintah bertugas untuk mengatur, mengendalikan dan mengadakan pengawasan pada jalannya roda perekonomian supaya negara bisa maju dan semua sakyatnya bisa hidup layak dan damai.

– Pemerintah Sebagai Pengatur

Bisa ditempuh melalui peraturan dan perundangan yang diikuti dengan tindakan nyata. Pemerintah bisa melaksanakan itu semua karena mempunyai alat-alat untuk melaksanakannya, baik itu alat pengendalian, alat pengatur atau alat pemaksa.

– Pemerintah Sbegai Pengontrol

Pemerintah memiliki bank sentral yang berfungsi untuk mengawasi jalannya keuangan, diantaranya jumlah uang yang beredar, tinggi rendahnya suku bank, jalannya kredit, dan lain sebagainya. Pemerintah juga merupakan satu-satunya badan yang memiliki hak untuk mencetak uang dan mengedarkannya.

– Pemerintah Sebagai Penguasa

Pemerintah mempunyai alat paksa untuk bisa terselenggaranya ketertiban dalam masyarakat, yakni polisi. Pemerintah juga mempunyai alat peradilan supaya bisa terselengara keadialan untuk semua rakyat.

– Pemerintah Sebagai Konsumen

Dalam menjalankan tugasnya, pemerintah butuh bermacam barang dan jasa, seperti dalam kegiatan administrasi, maka diperlukan alat kantor dan alat tulis.

– Pemerintah Sebagai Investor atau Produsen

Pemerintah bisa menjadi produsen untuk bisa mengahsilkan barang dan jada yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak. Bertindak sebagai investor, berarti pemerintah menanamkan modal baik itu seluruhnya datau hanay sebagian pada perusahaan yang beroprasi di negara.

4. Peran Masyarakat Luar Negeri

Perannya sangat penting apa lgi dalam perekonomian global seperti zaman sekarang ini, setiap negara tidak bisa menghindar dari keterlibatan dalam perdagangan internasional jika ingin gerak perekonomian negaranya tidak mengalami keterpurukan. Perannya sebagai berikut :

– Sebagai Konsumen

Masyarakat luar negeri sebagai pemakai atau konsumen dari produk barang atau jasa yang dihasilkan, yakni bisa dilakukan dnegan mnegekspor barang atau jasa yang dimaskud ke negara asalnya.

– Sebagai Prosuden

Artinya pruduk barang atau jasa yang mereka hasilkan bisa kita konsumsi dengan mengimpornya/. Dengan cara itu maka masyarakat bisa berkesempatan menikmati produk yang bermutu tinggi yang belum tentu bisa dihasilkan dalam negeri.

– Sebagai Investor Pembangunan

Sebuah negara membutuhkan pelaku-pelaku yang berani untuk menanamkan midal, baik itu dengan langsung atau tidak langsung. Investor uni banyak yang berasal dari luar negeri akrena kebanyakan dari mereka memiliki dana lebih maju.

– Sebagai Sumber Tenaga Ahli

Negara yang maju mempunyai banyak tenaga ahli yang sangat dibutuhkan oleh negara lain, dengan begitu maka negara lalin bisa memenuhi kekurangan tenaga kerja dalam negeri.

Sekian penjelasan dari kami tentang Peran Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...