Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat, Kloning

Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat Kloning

Posted on

Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat Kloning – Kali ini kita akan membahas tentang kloning. PAsti sudah banyak yang sering mendegar tentang kloning. Nah sekarang kita akan membahas semua tentang kloning secara lengkap dan mudah untuk dipahami.

Pengertian Kloning

Secara bahasa kloning berasal dari bahasa Inggris yakni Cloning yakni sebuah usaha untuk membuat suatu organisme dengan melalui proses aseksual atau dengan kata lain membuat penggandaan makhluk hidup dengan cara aseksual.

Dalam ilmu biologi, kloning ialah proses menghasilkan indivisu dari jenis yang sudah ada atau sama yang identik secara genetik, Kloning ialah proses reproduksi aseksual yang sering terjadi di alam dan dialami oleh beberapa bakteri, tumbuhan atau serangga.

Secara termonologi, definis clon ialah suatu populasi sel atau organisme yang terbentuk dari pembelahan yang berulang dari satu organisme atau sel. Klon berarti memperbanyak atau mengganda. Istilah ini muncul dnegan arti memperbanyak DNA pada bakteri. Kemudian para ilmusn semakin banyak yang mendifinisikan setiap individu yang darinya bisa dihasilkan individu baru tanpa proses perkawinan meski satu saja dinamakan mengklon.

Primsip mengklom ini ialah dengan mengganti inti telur dengan suatu inti sel definitif yang selanjutnya dilakukan rangsangan telur supaya dapat tumbuh, inti telur yang sudah berisi separuh sel definitf yang disebut dengan haploid.

Kloning Menurut Para Ahli

1. Pratiwi Sudarsono

Perbanyakan organisme atau sel secara aseksual. Hasil dari kloning ini disebut klon yakni populasi yang asalnya dari satu sel atau organisme yang memiliki rangkaian kromoson yang sama dan sifatnya identik dengan induk asalnya.

2. Dr. Abdul Aziz Muhammad bin Utsman Al-Rabiisy

Kloning menurut Dr. Abdul Aziz Muhammad bin Utsman Al-Rabiisy ialah penemuan baru.

Jenis Kloning

– Kloning DNA Rekombinan

Ini ialah perpindahan beberapa rantai DNA yang diinginkan daru suatu organisme sang satu replika genetik. COntoh dari kloning ini ialah penyisipan DNA pada plasmid bakteri untuk mengkloning satu gen.

– Kloning Reproduktif

Teknologi yang digunakan untuk bisa mendapatkan hewan yang sama.

– Kloning Terapeutik

Kloning yang di buat untuk memproduksi suatu embrio manusia sebagai bahan dalam penelitian yang memiliki tujuan untuk memperoleh sel batang yang difungsikan dalam mempelajari perkembangan manusia dan dalam peneymbuhan penyakit.

Manfaat Kloning

Manfaat yang bisa diambil dari tindakan ini atau yang didapat dalam melakukan kloning utamanya pada kloning terapeutik yang diharapkan bisa berguna untuk manusia khususnya dalam bidang medis. Ini beberapa keuntungan atau manfaat kloning yaitu :

  1. Kloning yang dilakukan pada manusia akan memberikan manfaat untuk pasangan yang tidak subur agar bisa memperoloh leuntungan atau keturunan.
  2. Organ manusia yang bisa dikloning secara selektif untuk bisa dipakai sebagai organ pengganti bagi pemilik sel organ itu sendiri yang bisa meminimalisir resiko penolakan.
  3. Sel – sel baru yang dikloning atau diregenerasi akan menggantikan jaringan tubuh yang rusak seperti pada urat syaraf dan jaringan otot.
  4. Teknologi ini membuat para ilmuan medis terus berusaha untuk menghidupkan dan mematikan sel – sel, ini sangat bermanfaat untuk mengatasi sel kanker dan menghambat proses penuaan.
  5. Teknologi ini akan memberikan manfaat pengujian dan penyembuhan untuk penyakit menurun. Berguna untuk menemukan obat kanker, menghentikan serangan yang terjaid pada jantung serta membuat tulang, lemak, tulang rawan atau jaringan penyambung yang cocok dengan pasien dnegan tujuan untuk bedah penyembuhan dan pada bedah kecantikan.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat Kloning, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...