Pengertian, Struktur dan Kaidah Teks Berita

Pengertian, Struktur dan Kaidah Teks Berita

Posted on

Pengertian, Struktur dan Kaidah Teks Berita – Setiap hari pasti kita mendengar atau membaca sebuah berita baru baik itu mengenai kejadian yang terjadi di sekitar kita atau kejadian yang terjadi di laur sana. Kita bisa mengetahui berita – berita itu dengan memanfaatkan media cetak atau media elektronik atau media lainnya.

Untuk bisa lebih faham tentang teks berita maka akan kita bahas semua tentang teks berita mulai dari pengertian, kaidah kebahasaan, struktur teks serta contoh teks berita singkat yang fungsinya supaya kita semua lebhi mengetahui makna atau lebih faham dengan penjelasan yang disampaikan.

Pengertian Teks Berita

Teks berita merupakan sebuah teks yang isinya mengenai kejadian yang terjadi di dunia yang disebarkan dnegan berbagai media seperti melalui televisi, radio, situs web, internet atau media lainnya. Teks berita berisikan fakta – fakta akan tetapi tidak semua fakta dijadikan berita.

Kita bisa mendapatkan sebuah informasi penting yang dapat menambah wawasan jika rajin membaca teks berita, sehingga menjadikan kita bisa berfikir secara kreatif, kritis dan efektif terhadap suatu hal yang terjadi. Sebuah peristiwa bisa bertahan selama beberapa jam, hari atau bahkan beberapa tahun, ini tergantung dari seberapa hangatnya sebuah berita itu diperbincangkan oleh publik atau oleh masyarakat.

Struktur Teks Berita

Biasanya suatu teks memiliki struktur tertentu, begitu juga dengan teks berita. Teks ini memiliki tiga struktur yang saling berkaitan yang kemudia membentuk teks ini secara utuh.

– Orientasi Berita

Yakni berisikan pembuka dari kejadian yang di beritakan di teks tersebut, biasanya tertera penjelasan singkat tentang berita yang sedang dibahas.

– Peristiwa

Yakni berisikan mengenai proses kejadian dari awal hinga akhir dengan berdasarkan dari kejadian yang terjadi dan menjelaskan berdasarkan dari fakta yang ada.

– Sumber Berita

Yakni berasal dari mana asal sumber berita itu muncul, sumber berita tidak selamanya ditulis pada bagian akhir dari sebuah beriita.

Kaidah Kebahasaan

Ciri dari kaidah kebahasaan teks berita yakni terdapat keterangan, verba pewarta dan verba transitif. Agar lebih faham, berikut ciri – cirinya :

  • Yang diberitakan ialah sesuatu yang benar – benar terjadi, bukan merupakan sebuah opini atau sebuah gagasan dari penulis.
  • Yakni merupkaan sebuah kejadian yang jarang terjadi, bukan merupakan suatu yang umum terjadi di setiap hari.
  • Aktual, yakni sebuah peristiwa yang di beritakan msuk\h segar atau baru terjadi bukan merupakan sebuah peristiwa lampau.
  • Data yang disajikan sesuai dengan kejadian yang asli dan tidak ada sedikitpun rekayasa.
  • Bahasa yang disajikan menarik dan bisa memikat minat untuk membaca.
  • Data yang diberikatan disajikan secara lengkap, khususnya data yang penting.
  • Waktu dan tempat kejadian yang jelas.
  • Bahasa yang mudah untuk dipahami.
  • Sifatnya objekstif.
  • Alur pristiwa berurut.
  • Kalimat yang dipakai singkat, padat dan jelas.
  • Sumber yang valid dan dapat di pertanggung jawabkan.
  • Judul berita dapat mewakili semua isi bdari berita.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Struktur dan Kaidah Teks Berita, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...