15 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

15 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

15 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Akuntansi Menurut beberapa ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

15 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

1. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

akuntansi ialah suatu aktivitas jasa yang berfungsi untuk menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam menetapkan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

2. American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)

Akuntansi ialah sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

3. American Acounting Association (AAA)

Akuntansi yakni proses pengidentifikasian, pengukur serta melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian dan keputusan yang jelas serta tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

4. Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison

Akuntansi ialah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, melakukan proses data menjadi laporan, dan melakukan komunikasi hasilnya kepada para pengambil keputusan.

5. Warren

Akuntansi yakni sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan tentang aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

6. Littleton

Tujuan dari akuntansi ialah melaksanakan perhitungan periodik antara biaya atau usaha serta hasil atau prestasi..

7. Rudianto

Akuntansi ialah sistem informsai yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan tentang aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

8. Suparwoto L

Akuntansi yakni sebagai sistem atau teknik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan serta menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan.

BACA JUGA :   Perbedaan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Keuangan

9. Arnold

Akuntansi adalah sistem yang menyediakan informasi terutama keuangan kepada siapa saja yang harus membuat keputusan lalu mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

10. C. West Shurman

Akuntansi ialah sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan.

11. Keputusan Menteri Keuangan

Akuntansi yakni proses pengumpulan, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, peringkasan dan pelaporan terhadapa suatu transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut yang gunanya dalam pengambilan sebuah keputusan.

12. Dr.M.Gede

Akuntansi yakni suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni dalam pencatatan yang dilakukan dengan terus menerus menurut aturan dan sistemnya.

13. Sophar Lumbantoruan

Akuntansi ialah suatu alat yang digunakan untuk bahasa bisnis yang dimana informasi yang disampaikan hanya bisa dipahami bila mekanisme akuntansi telah dimengerti.

14. Kohler’s Dictionary

Akuntansi ialah seni dalam pencatatan dari proses transaksi keuangan.

15. Abubakar A & Wibowo

Akuntansi ialah sebuah prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang 15 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka