18 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

18 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

18 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli – Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yakni Oikos dan Nomos. Oikos artinya rumah tangga atau keluarga dan nomos yang artinya aturan atau peraturan. Menurut istilah ekonomi ialah manajemen atau peraturan rumah tangga. Pengertian ekonomi, ekonomi ialah suatu bidang kajian ilmu sosial yang menjelaskan dan mempelajari mengenai aktivitas manusia yang berhubungan langsung dengan konsumsi, distribusi dan produksi pada barang dan jasa.

18 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian ekonomi menurut para ahli

1. Pengertian ekonomi menurut J.S

Ekonomi ialah salah jenis sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

2. Pengertian ekonomi menurut Adam Smith

Ekonomi yakni suatu penyelidikan yang berhubungan dengan keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

3. Pengertian ekonomi menurut Abraham Maslow

Ekonomi ialah salah satu bidang ilmu yang mencoba untuk menyelesaikan permasalahan kebutuhan manusia melalui penggembelengan semua atau seluruh sumber ekonomi yang ada dengan atas dasar pada teori dan prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efisien dan efektif.

4. Pengertian ekonomi menurut Hermawan Kartajaya

Ekonomi ialah suatu platform dimana sektor industri berada diatasnya.

5. Pengertian ekonomi menurut Paul A. Samuelson

Ekonomi ialah suatu cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya agar dapat memanfaatkan segala sumber yang terbatas dalam memperoleh setiap komoditi dan menyalurkan oleh masyarakat agar dapat dikonsumsi.

6. Pengertian ekonomi menurut Prof. Paul Anthony Samuelson

Ekonomi yaitu suatu studi mengenai manusia dalam aktivitas hidup mereka dalam sehari-hari untuk memperoleh serta menikmati kehidupan itu.

7. Pengertian ekonomi menurut Suherman Rosydi

Ekonomi ialah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berupaya dalam memberikan pengertian dan pengetahuan tentang segala gejala yang ada di masyarakat yang timbul karena adanya perbuatan manusia dalam segala usahanya untuk segera memenuhi kebutuhan atau untuk dapat mencapai kemakmuran.

BACA JUGA :   Pengertian Inflasi, Jenis-Jenis dan Cara Penanganannya

8. Pengertian ekonomi menurut Jack Hirshleifer

Ekonomi ialah studi mengenai keputusan untuk memilih dalam setiap tindakan yang akan mungkin diambil atau ilmu ekonomi mempelajari juga tentang segala apa yang terjadi jika terdapat keputusan bermacam-macam pada orang yang berupaya saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

9. Pengertian ekonomi menurut Case dan Fair

Ekonomi merupakan suatu studi tentang bagaimana masyarakat dan individu itu mengambil pilihan dalam menggunakan segala sumber daya yang langka pada apa yang sudah disediakan oleh alam dan generasi yang sudah ada sebulumnya.

10. Pengertian ekonomi menurut Alfred Marshall

Ekonomi ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang segala kehidupan manusia dalam sehari-hari.

11. Pengertian ekonomi menurut Von Neumann dan Mogenstern

Ekonomi merupakan suatu disiplin ilmu yang sayang sekali jika tidak diperlakukan dengan tidak ilmiah karena seluruh tokohnya telah sibuk mengurusi bermacam solusi agar dapat menghadapi segala masalah yang mendesak pada zaman itu.

12. Pengertian ekonomi menurut M. Manullang

Ekonomi ialah suatu studi yang mempelajari tentang aktivitas masyarakat dalam upaya untuk mencapai segala kemakmuran dimana kemakmuran itu ialah suatu kondisi dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa jasa maupun barang.

13. Pengertian ekonomi menurut Lipsey

Ekonomi merupakan suatu studi tentang pemanfaatan segala sumber daya yang langka dalam memenuhi setiap kebutuhan manusia yang tidak pernah ada ujungnya atau tidak terbatas.

14. Pengertian ekonomi menurut Samuekon

Ekonomi yakni studi yang menganalisis segala keuntungan dan kerugian yang meningkat dan semua pola tertentu dalam memanfaatkan pemakaian sumber daya.

15. Pengertian ekonomi menurut Aristoteles

Ekonomi ialah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin dapat dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai pemakaian.

BACA JUGA :   Sejarah, Teori dan Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

16. Pengertian ekonomi menurut Khursid Ahmad

Ekonomi iaalah suatu usaha mensistematiskan dan memahami segala permasalahan ekonomi serta segala perilaku manusia dengan permasalahan tersebut berdasarkan sudut pandang islam.

17. Pengertian ekonomi menurut M. Akram Khan

Ekonomi ialah suatu ilmu yang mempunyai tujuan dalam mempelajari tentang kesejahteraan manusia yang dicapai dengan mengorganisir segala sumber daya yang ada di bumi atas partisipasi dan kerjasama.

18. Pengertian ekonomi menurut Amwal

Ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menetapkan keputusan yang efektif untuk mengelola segala sumber daya yang ada dalam rangka melakukan pemenuhan kebutuhan pada masyarakat atau individu.

Itulah sekilas 18 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka