Teknik Negosiasi Dan Lobi Dalam Komunikasi Bisnis Beserta Contohnya

Teknik Negosiasi Dan Lobi Dalam Komunikasi Bisnis Beserta Contohnya

Teknik Negosiasi Dan Lobi Dalam Komunikasi Bisnis Beserta Contohnya – Negosiasi ialah bentuk dari sebuah interaksi sosial ketika pihak – pihak yang terlibat dalam usaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. BErikut ialah beberapa taktik atau cara yang harus kita lakukan atau ketahui dalam melakukan negosiasi yang biasanya di gunakan.

Teknik Dalam Melakukam Negosiasi

Taktik atau cara ini memiliki beberapa tujuan, sebuah taktik akan membantu supaya bisa melihat permasalahan sebenarnya yang sedang terjadi atau sedang di perdebatkan di atas meja perundingan. Teknik juga dapat menguraikan kenapa berhentinya dan bisa membantu supaya melihat dan melindungi diri dari kebohongan negosiator. Berikut ini ialah sembilan strategi dalam melakukan negosiasi yang dapat di gunakan dan juga harus kita hindari :

– The Wince atau Mengeryit

Teknik ini dikenal dengan istilah terkejut atau Flinch yang merupkan sebuah reaksi negatif pada sebuah tawaran dari seseorang. Dalam arti lain, bertindak terkejut ketika melakukan negosiasi yang dilakukan oleh negosiator berjalan dengan keinginan dari pihak lain.

– The Silence atau Berdiam

Jika anda tidak menyukai apa yang dikatakan oleh seseorang atau jika anda baru saja membuat sebuah tawaran dan sedang menunggu jawaban, sikap diam juga bisa menjadi sebuah pilihan terbaik untuk anda lakukan. Banyak dari orang tidak bisa bertahan dalam suasana sunyi yang panjang. MEreka akan merasa tidak nyaman jika tidak ada percakapan untuk mengisi kekosongan antara anda dan phak lainnya. Umumnya pihak lain akan merespon dengan membreikan kelonggaran.

BACA JUGA :   6 Pengertian Jasa Menurut Para Ahli Terbaru

– Red Herring atau Ikan Hering Merah

Isitilah yang satu ini diambil dari sebuah kompetisi yang cukup tua di Inggris yakni Berburu Rubah. Dalam sebuah kompetisi, tim lawan akan menyeret kemudian membaui jejak rubah kelain arah dnegan menggunakan ikan. Sehingga membuat anjing lawan akan tertipu dan akan kehilangan jejak. Sama ketika negosiator membawa isu lain atau ikan amis ke meja perundingan untuk bisa mengalihkan perhatian dari isu utama yang sedang dibahas.

– Outrageous Behavior atau Kelakuan Menghina

Semua bentuk sikap umumnya kurang bermoral dan tidak bisa untuk diterima oleh lingkungan, dengan tujuan untuk memaksa pihak lain untuk setuju. Seperti pihak manajemen yang muak pada tuntutan yang dianggap tidak bisa masuk akal dan terpaksa untuk menendatangai kontrak dengan air mata kemudian membuangnya dnegan ganad dan dramatis seolah – olah diliput oleh media. Tujuannya untuk menggertak orang – orang yang terlibat dalam negosiasi.

– The Written Word atau Yang Tertulis

Yakni suatu persayratan yang tertulis dalam perjanjian yang tidak bisa di ganggu gugat. Perjanjian, sewa guna usaha atau harga diatas pahatan sebuah batu dan sekarang berupa kertas atua uang ialah contoh – contoh yang tertulis.

– The Trade – off atau Pertukaran

Teknik ini digunkan sebagai tawar – menawar. Sebuah pertukaran hanay menawarkan konsesi sampai semua pihak setuju dengan syarat. Sebenarnya cra ini digunakan untuk kompromi.

The Ultimatum atua Ultimatum

Pemakaian ultimatum ini kadang efektif sebagai cara untuk membuka dalam bernegosiasi,namun suatu saat dalam bernegosiasi yang panjang maka anda perlu untuk menggunakan cara ini.

Walking Out atau Berjalan Keluar

Ketiika berada dalam beberapa keadaan, berjalan keluar bisa digunakan sebagai sebuah strategi untuk memberikan tekana pada pihak lain.

BACA JUGA :   Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis Pasar Monopoli

– Kemampuan Untuk Mengatakan Tidak

Cara merupakan peran yang sangat penting dalam semua macam strategi negosiasi dan cara untuk bisa menyampaikan dengan tepat. PErtama dan paling dasar untuk bsia mempelajari cara ini ialah apa saja jika mengatakan tidak dengan langsung, diterjemahkan pihak lain sebagai persetujuan atua “ya”.

Proses Negosiasi dan Lobi

Terdapat dua bentukadvokasi yakni formal dan informal. Bentuk formalnya yakni negosiasi dan bentuk informalnya ialah kata lobi. Proses dalam lobi tidak berhubungan dengan waktu dan bisa dilakukan dengan terus – menerus dalam jangka waktu yang panjang, dan dalam negosiasi tidak tirikat dnegan waktu dan tempat.

Sekian penjelasan dari kami tentang Teknik Negosiasi Dan Lobi Dalam Komunikasi Bisnis Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka