Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran.png

Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran – Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Pemasaran, yang mana bahasan kali ini meliputi definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Sebelum ke Pemasaran baiknya kita mengetahui apa itu Pasar.

Pengertian Pasar

Menurut William J. Stanton, pasar ialah orang-orang yang memiliki kebutuhan dan keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan keinginan untuk belanja. Dari definisi tersebut terdapat tiga unsur penting di dalam pasar, yakni orang dengan semua keinginannya, daya beli mereka dan kemauan untuk melakukan pembelian atau membelanjakannya.

Pengertian Pemasaran

Menurut Philip Kotler, pemasaran ialah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Menurut Amstrong dan Philip Kotler, pemasaran ialah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu serta kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran.png

Pemasaran ialah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang bisa memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran dan tujuan perusahaan.

W. Stanton menjelaskan, pemasaran ialah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli ataupun pembeli potensial.

Konsep Inti Pemasaran

Konsep inti dari pemasaran ialah, Need, Wants and Demandmarkets Product and Services Exchage, Value, Transactioan, Satisfaction and Relationships and Quality.

Kebutuhan

Kebutuhakn ialah keadaan merasa kekurangan, seperti makanan, pakaian, kehangatan dan keamanan; kebutuhan sosial dari kebersamaan dan perhatian serta kebutuhan individu akan pengetahuan dan ekspresi diri, dan itu ialah sifat kodrati dari manusia. Keinginan merupakan bentuk kebutuhkan manusia yang dibentuk oelh budaya dan kepribadian individu. Permintaan ialah keinginan yang didukung dengan daya beli. Produk ialah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan. Jasa ialah semua aktifitas atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual oelh suatu pihak yang secara esensial tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan.

BACA JUGA :   5 Pengertian Analisis Rasio Keuangan Menurut Para Ahli

Nilai Dari Pelanggan atau Customer Value

Perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena mempunyai dan menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut, Kepuasan atau Customer Satisfaction ialah tingkat dimana anggapan kinerja atau Perceived Performance produk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak. Mutu ialah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh spesifikasi, persyaratan serta harapan sudah dipenuhi. Pertukaran ialah tindakan mendapatkan objek yang didambakan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai penggantinya. Transaksi ialah perdagangan di antara dua pihak yang sitidaknya mencakup dua barang yang bernilai, persyaratan yang disetujui, waktu persetujuan serta tempat persetujuan. Pemasaran rasional ialah proses penciptaan, pemeliharaan dan penguatan hubungan yang kuat serta [enuh dengan nilai pelanggan dan pemercaya lainnya.

Konsep Pemasaran atau The Production Concept

Konsumen akan menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau, oleh karena itu maka manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi. The product concept ialah konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu yang terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang berkelanjutan. The selling concept ialah konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk perusahaan terkecuali bila perusahaan melakukan usaha penjualan dan promosi dalam skala besar. The marketing concept ialah untuk mencapai tujuan organisasi tergantung dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dengan cara memuaskan pelanggan denagn lebih efektif serta efisien dari pada yang dilakukan oleh pesaing. The customer concept ialah pertumbuhan laba dnegan sharing pelanggan, loyalitas dan nilai seumur hidup. The sosial marketing concept ialah konsep pemasaran yang pelaksanaanya disertai dengan menjaga dan meningkatkan pelanggan serta masyarakat.

BACA JUGA :   Pengertian, Peranan dan Penetapan Harga

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran berasal dari dua ata yakni manajemen dan pemasaran. Menurut Amstrong dan Kotler, pemasaran ialah analisis, perencanaan, implementasi serta pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran guna mencapai tujuan perusahaan. Dan manajemen ialah proses perencanaan atau planning, pengorganisasian atau organizing, penggerakan atau actuating dan pengawasan. kesimpulannya Manajemen Pemasaran ialah sbagai analisis, perencanaan, penerapan serta pengemdalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan dari organisasi.

Itulah sekilas penjelasan tentang Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka