Pengertian Analisis Laporan Keuangan Serta Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Analisis Laporan Keuangan Serta Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Analisis Laporan Keuangan Serta Tujuan dan Manfaatnya – Menurut Wild, Analisis Laporan Keuangan ialah Analisis laporan keuangan atau Financial Statement Analysis ialah aplikasi dari alat dan teknik analisis untuk laporan keuangan bertujuan umum serta data-data yang berhubungan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis.

Bernstein menjelaskan, analisis laporan keuangan mencakup penerapan metode dan teknik analisi untuk laporan keuangan dan lata lainnya untuk melihat dari laporan itu ukuran dan hubungan tertentu yang sangat berguna dalam mengambil keputusan.

Supaya laporan keuangan menjadi lebih berarti sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh berbagai pihak, harus dilakukan analisis laporan keuangan. Bagi semua pemilik dan manajemen tujuan utama analisis laporan keuangan ialah supaay dapat mengetahui posisi keuangan perusahaan saat ini. Dengan mengetahui posisi keuangan, sesudah dilakukan analisis laporan keuangan dengan mendalam. Sehingga akan terlihat apakah perusahaan bisa mencapai target yang sudah direncanakan sebelumnya atau tidak.

Hasil dari analisis laporan keuangan juga akan memberikan informasi mengenai kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan mengetahui kelemahan maka manajemen akan bisa memperbaiki atau menutupi kelemahan tersebut. Selanjutnya yang akan dimiliki oelh perusahaan harus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Dengan terdapat kelemahan dan kekuatan yang dimiliki maka akan tergambar bagaimana kinerja manajemen selama ini.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan Serta Tujuan dan Manfaatnya

Akhirnya bagi pihak pemilik dan manajemen, dengan mengetahui posisi keuangan bisa merencanakan dan mengambil keputusan yang tepat mengenai apa yang harus dilakukan untuk selanjutnya. Perencanaan kedepan dengan cara menutupi kelemahan yang ada, mempertahankan posisi yang telah sesuai dengan yang diinginkan dan berusaha untuk meningkatkan lagi kekuatan yang sudah diperoleh selama ini.

BACA JUGA :   Pengertian, Peranan dan Penetapan Harga

Analisis laporan keuangan harus dilakukan dengan cermat dengan menggunakan metode dan teknik analisis yang tepat sehingga hasil yang diharapkan benar-benar tepat juga. Kesalahan dalam memasukan rumus atau angka akan berakibat pada tidak akuratnya hasil yang akan dicapai. Selanjutnya, hasil dri perhitungan tersebut dianalisis dan diinterpretasikan sehingga diketahui posisi keuangan yang sebenarnya. Semuanya harus dilakukan dengan teliti, jujur dan mendalam.

Tujuan dan Manfaat Analisis Laporan Keuangan

Menurut Kasmir terdapat enam tujuan dan manfaat bagi banyak pihak dengan adanya laporan analisis keuangan, yakni:

1. Untuk mengetahui dimana posisi keuangan perusahaan dalam satu periode tertentu baik itu beurpa harta, kewajiban, modal ataupun hasil dari usaha yang sudah dicapai untuk beberapa periode.

2. Untuk mengetahui apa saja kelmahan yang menjadi kekurangan perusahaan.

3. Untuk mengetahui kekuatan apa saja yang dimiliki.

4. Untuk mengetahui langkah perbaikan apa saja yang harus dilakukan ke depan yang berhubungan dengan posisi keuangan perusahaan saat ini.

5. Untuk melakukan penilaian kinerja manajemen ke depan apakah itu perlu untuk dilakuakn penyegaran atau tidak karena sudah dianggap berhasil atau gagal.

6. Dapat juga digunakan sebagai alat perbandingan dengan perusahaan sejenis tentang hasil yang mereka capai.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Analisis Laporan Keuangan Serta Tujuan dan Manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

BACA JUGA :   Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka