Pengertian, Sejarah dan Tujuan Gerakan Pramuka Indonesia

Pengertian, Sejarah dan Tujuan Gerakan Pramuka Indonesia– pramuka merupakan sebuah organisasi nonformal yang telah menyebar hampir diseluruh negara. simak ulasanya disini.

Pengertian pramuka

Gerakan pramuka indonesia adalah pendidikan nonformal, “pramuka” merupakan singkatan dari prajamudakarana yang artimya para pemuda yang suka berkarya.

Pramuka sebelumnya merupakan salah satu nama prajurit perang yang diambil oleh sultan hamangkubuwono IX yang bernama “POROMUKO” yang artinya pasukan terdepandalam perang.

yang hingga akhirnya menjadi Pramuka, untuk para pemuda yang suka berkarya.

Sejarah pramuka

Gerakan pramuka diIndonesia pertama kali mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1923, yang ditandai dengan didirikannya sebuah ( Belanda ) nationale padvinderij organisatie (NPO).

Para pemuda indonesia mempunyai peran penting dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia, kepanduan gerakan pemuda indonesia dimulai oleh adanya cabang NPO atau nationale padvinderij organisatie.

Yang kemudian dilahirkan gerakan pramuka pada tahun 1961, orang perlu melihat dan perlu mengkaji lebih dalam lagi bagaimana kejadian dan peristiwa 1960.

Dari ungkapan yang telah dipaparkan di depan kita lihat bahwa jumlah perkumpulan kepanduan di Indonesia waktu itu sangat banyak. Jumlah itu tidak sepandan dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan.

Pidato presiden republik Indonesia tanggal 9 maret 1961 juga memaparkan agar gerakan pramuka telagh diadakan dan di perkenalkan kepada masyarakat indonesia.

Tujuan Gerakan Pramuka

Pengertian, Sejarah dan Tujuan Gerakan Pramuka Indonesia Tujuan pramuka itu sendri tentunya sangat baik bagi bangsa indonesia. Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian sesorang agar menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan didasari oleh keimanan serta ketakwaan.

BACA JUGA :   Sejarah Singkat Kerajaan Islam di Sulawesi

Kegiatan pendidikan yang dilakukan diluar lingkungan sekolah serta diluar lingkungan keluarga. Dengan banyak sekali kegiatan menarik, sehat, teratur, terarah, praktis, yang dilakukan dialam terbuka.

Pembentukan akhlak serta budi pekerti luhur yang baik. Merupakan sebuah pendidikan yang membentuk situasi keadaan, kepentingan dan sebuah perkembangan yang ada di masyarkat bangsa Indonesia.

Semoga dengan adanya kepanduan kepramuakaan, bangsa indonesia akan menjadi masyarkat lebih baik lagi. Dalam segi sosial serta prilaku yang ada dilingkungan masyarakat.

Arti lambang pramuka

Pramuka dilambangkan dengan logo tunas kelapa. Tunas kelapa mempunyai arti yang sangat berarti, yaitu buah kelapa yang keaadaan tumbuh mengandung arti cikal bakal kelahiran penerus pramuka.

buah kelapa dapat tumbuh dan bertahan lama di mana saja. Itu merupakan salah satu bentuk khiasan kepribadian dari pramuka yang pantang menyerah juga sehat, jasmani dan rohani.

Buah nyiur atau pohon kelapa tumbuh menjulang ke atas lurus. ini mrmbuktikan bahwa pramuka Pohon kelapa adalah salah satu pohon tertinggi di Indonesia.

Hal semacam ini melambangkan, kalau setiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi serta lurus, yakni mulia serta jujur dan ia tetap tegak tak mudah diombang-ambingkan oleh suatu hal.

You May Also Like

About the Author: admin