Pahlawan Nasional Wanita yang Jarang di Ketahui

Rasuna Said

Masterpendidikan.com – Pahlawan Nasional Wanita yang Jarang di Ketahui  . Bertahun-tahun lamanya Indonesia menjadi negara jajahan bangsa lain. Silih berganti, pemimpin baru muncul dan berganti. Begitu juga dengan pahlawan yang terus hadir pada setiap tahunnya.

Namun, pahlawan Indonesia yang paling sering kita sorot adalah pahlawan yang langsung turun ke medan perperangan. Padahal pahlawan tidak aja mereka yang mengorbankan fisik mereka melawan penjajah. Pahwalan juga orang yang mengorbankan waktu serta fikirannya untuk melawan penjajah, demi memerkdekakan bangsa Indoensia.

Pahlawan Wanita yang Jarang di Ketahui

Padahal nama-nama pahlawan wanita ini juga kita ketahui, namun, kaerena jarang di sorotnya karena peran mereka yang selalu dianggap remeh. Berikut 4 pahlawan wanita yang wajib kita ketahui karena peran serta perjuangannya dalam memerdekakan bangsa indoensia dari tangan penjajah.

Cut Nyak Dien

Pahlawan Wanita
Pahlawan Wanita

Selama perang aceh yang terjadi pada 1873 hingga tahun 1912 melawan penjajah banyak sekali melahirkan para pahlawan yang memiliki jiwa patriotik tinggi. Salah satu nya cut nyak dien, Perang yang terjadi jauh sebelum kemerdekaan Indonesia tersebut melahirkan seorang pejuang yang sangat gigih.

Cut nyak Dien merupakan salah satu dari pahlawan wanita yang secara langsung turun ke medan perperangan untuk melawan penjajah. Bersama pasukannya cut nyak dien melakukan serangan grilya pada umur yang sudah tidak muda lagi, yaitu 50 tahun.

R.A Kartini

Kartini
Kartini

Tentunya nama pahlawan yang satu ini sangat sering kamu dengar. Bahkan ada lagu khusus yang di buatkan untuk memperingati perjuangan serta kegigihan dari kartini. Lahir tanggal 21 April 1879 pada daerah jepara. R.A kartini merupakan salah satu pahlawan nasional yang melakukan perjuangan melalui pemikirannya, dan sangat memperjuangkan hak-hak dari kamu wanita agar memperoleh pendidikan yang layak. Kata-kata kesetaraan gender sudah ia gaungkan bertahun-tahun lalu, pada masa perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA :   Dampak Positif Keberadaan jepang Di Indonesia

Rasuna Said

Rasuna Said
Rasuna Said

Merupakan salah satu pahlawan nasional wanita yang berasal dari sumatra barat, dan juga salah satu pahlawan wanita yang membantu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui organisasi-organisasi.

Berikut beberapa organisasi yang berfungsi sebagai lambang perlawanan rakyat terhadap penjajah

  • Menjadi sekertaris cabang pada organisasi serikta rakyat.
  • Anggota Permi, yaitu persatuan muslimin Indonesia.
  • Merupakan pendiri dari organisasi pemuda nipon raya yang ada di padang, yang pada akhirnya di bubarkan oleh jepang.

Siti Walidah

pahwalan nasional wanita
pahwalan nasional wanita

 Lahir di Yogyakarta pada tahun 1872 siti walidah merupakan salah satu pahlawan nasional wanita yang tidak mendapatkan pendidikan formal. Namun, beliau secara otodidak mempelajari al-quran yang memiliki bahasa jawa dan berhuruf arab. Karena kedalaman ilmu agamanya tersebut beliau menjadi pemimpin dari Aisyiah serta memimpin beberapa dari kongres Aisyiah .

Kesimpulan

Perjuangan seorang pahlawan dalam melawan oara penjajah memiliki berbagai macam cara. Ada yang melalui pemikiran, ada yang langsung turun ke medan perang, organisasi, ada yang memperjuangkan kaumnya sendiri yaitu wanita. Demikianlah artikel yang berisikan tentang Pahlawan Nasional Wanita yang Jarang di Ketahui semoga dapat membantu.

You May Also Like

About the Author: yudha