Sejarah Kesultanan Mataram ataupun Mataram Islam

Kesultanan Mataram

Masterpendidikan.com – Sejarah Kesultanan Mataram ataupun Mataram Islam. Pastinya kamu yang sedang belajar sejarah indonesia ataupun sejarah islam di Indonesia sering mendengar mengenai kerajaan mataram, ataupu yang sering orang sebut dengan kesultanan mataram.

Sejarah Kesultanan Mataram ataupun Mataram Islam

Kesultanan Mataram
Kesultanan Mataram

Merupakan  salah satu kerajaan islam yang cukup besar, pada pulau jawa. Dahulu kala orang-orang sering menyebutnya dengan negara islam. Kerajaan ini berdiri pada abad ke 17. Meskipun secara keberadaan kerajaan ini telah ada pada abad ke 16, namun mereka benar-benar bersatu sebagai sebuah kerajaan yang utuh pada abg ke 17.

Terkenal Dengan Pertanian

Karena letak geografis yang sengat menguntungkan, kerajaan mataram terkenal dengan hasil pertaniannya yang sangat melimpah luah pada masa itu. Berdiri pada atas tanah jawa yang sangat subur, mataram baru meningkatkan penghasilan kerajaan dengan pertanian.

Menyebarkan Ajaran Islam

Sebagai kerajaan yang menjalankan ajaran islam dalam sistem pemerintahannya, kerajaan ini juga melakukan penyebaran kerajaan sambil menyebarkan agama islam yang mereka jalani saat itu. Bahkan pada masa jayanya, kesultanan mataram pernah menyatukan keseluruan pulau jawa, ketercuali untuk beberapa daerah seperti, banten, dan juga kerajaan sultan cirebon.

Namun, hampir secara keseluruhan pulau jawa berhasil menyatukan keseluruhan pulau jawan dan juga madura. Mataram baru juga ikut mengalahkan VOC pada saat itu, agar menghambat penyebaran ajaran dan juga kekuasaan voc. Dengan pengaruhnya cukup besar, kerajaan ini berhasil menyatukan banyak wilayah dan melakukan perlawanan terhadap penjajah.

Peninggalan Kerajaan Mataram

Sebagai salah satu kerajaan yang besar dan memiliki masa kejayaan yang cukup panjang. Dan karena itu, kerajaan mataram islam ini memiliki berbagai macam peninggalan dari kerajaan. Bahkan beberapa dari peninggalan mereka masih dapat kita lihat, bahkan kita nikmati manfaatnya saat ini. Berikut beberapa peninggalan bersejarah dari kesultanan mataram yang ada hingga saat ini :

  • Kampung Matraman Daerah Jakarta
  • Sistem Pengolahan Sawah Jawa Barat ( Pantura )
  • Penggunaan aksara carakan dalam literatur kebahsaaan sunda
  • Politik Feodal yang ada di pasundan
  • Sistem Pembagian wilayah Administrasi
BACA JUGA :   Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit

Sama hal dengan kerajaan lainnya, masih ada banyak peninggalan bersejarah dari kerajaan ini. Namun, tidak banyak kerajaan yang peninggalan dari kerajaan mereka yang masih bisa kita manfaatkan hingga saat ini.

Demikianlah artikel yang berisikan informasi mengenai Sejarah Kesultanan Mataram ataupun Mataram Islam, semoga dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan.

You May Also Like

About the Author: yudha