Pengertian, tujuan, fungsi, dan kesimpulan penguatan pendidikan karakter

Pengertian, tujuan, fungsi, dan kesimpulan penguatan pendidikan karakter- Sebelum membahas lebih jauh tentang rangkuman pendidikan karakter, kita terlebih dahulu harus memahami definisi dari pendidikan karakter tersebut.

Pendidikan karakter terdiri dari dua kata yakni ‘pendidikan’ dan kata ‘karakter’.

Pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan manusia yang di wariskan dari generasi ke generasi.

Sementara karakter adalah kepribadian, watak, dan sifat individu yang ada terdapat dalam diri manusia. Jadi apa itu pendidikan karakter ?

Pendidikan penguatan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik, selain itu didalam juga terdapat pembelajaran mengenai ilmu pengetahuan.

Pengertian, tujuan, fungsi, dan kesimpulan penguatan pendidikan karakterJadi, pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

TUJUAN PENDIDIKAN KARAKTER

Pada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk membangun generasi bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan bergotong-royong.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka di dalam diri peserta didik harus ditanamkan nilai-nilai pembentuk karakter yang bersumber dari AgamaPancasila, dan Budaya.

FUNGSI PENDIDIKAN KARAKTER

Secara umum fungsi pendidikan ini adalah sebagai pembentuk karakter peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik.

Pendidikan karakter seharusnya dilakukan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak. Pendidikan ini bisa dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, serta memanfaatkan berbagai media belajar.

Namun, ada beberapa syarat yang harus di penuhi agar pendidikan karakter ini berjalan dengan efektif.

  • Desain pendidikan karakter berbasis kelas
  • Desain pendidikan karakter berbasis kultur sekolah
  • Desain pendidikan karakter berbasis komunitas
BACA JUGA :   36 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Ketiga syarat diatas diambil dari buku ” pendidikan karakter integral ” yang ditulis oleh Doni koesoema.

KESIMPULAN

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangatlah penting bagi semua orang, dengan begitu para orangtua dan tenaga pengajar lainnya diharuskan menanamkan nilai-nilai karakter yang bagi anak-anak.

Sekian sedikit informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin