Ruang Lingkup Sosiologi Adalah

Ruang Lingkup Sosiologi Adalah

Masterpendidikan.com – Ruang Lingkup Sosiologi Adalah – Kali ini kita akan membahas materi pelajaran Sosiologi untuk kelas 10 atau kelas 1 SMA. Untuk pembahasan yang pertama kali kita akan mengenal terlebih dahulu pengertian atau definisi sosiologi selanjutnya baru akan kita bahas ruang lingkupnya.

Pengertian Sosiologi

Sosiologi berasal dari bahasa Latin socius yang artinya kawan dan logos yang artinya ilmu. Sehingga dapat diartikan bahwa sosiologi adalah pengetahuan tentang pertemanan atau perkawanan. Pengertian pertemanan ini selanjutnya diperluas cakupannya menjadi sekelompok manusia yang hidup bersama dalam sebuah tempat, atau bisa disebut dengan masyarakat. Dengan demikian, sosiologi juga diartikan sebagai pengetahuan tentang hidup bermasyarakat atau hubungan antara masyarakat.

Ruang Lingkup Sosiologi Adalah

Sosiologi mempelajari, mengidentifikasi, mengkaji, menyelidiki, dan menginvestigasi pola perilaku manusia dalam hubungannya dengan manusia lain dan lingkungannya. Ruang lingkup ini sangat luas sehingga cukup tersamar dan luas. Sebagaimana yang sudah disampaikan di awal, sosiologi adalah studi tentang masyarakat sehingga masyarakat secara umum menjadi objek kajian sosiologi.

Ruang lingkup sosiologi merupakan objek kajian yang dipelajari dalam sosiologi. Objek kajian sosiologi sangat luas. Namun pada prinsipnya kita bisa mengatakan bahwa objek kajian sosiologi adalah masyarakat karena sosiologi merupakan studi tentang masyarakat.

Sosiologi mempelajari struktur sosial yang meliputi perubahan sosial. Ruang lingkup sosiologi lebih luas dari kebanyakan ilmu sosial lainnya karena mencakup hubungan individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok di dalam masyarakat. Karena dasar penelitian sosiologi merupakan penggabungan data dari berbagai ilmu pengetahuan, maka ruang lingkup kajian sosiologi dapat dijadikan 3 poin sebagai berikut:
  1. Ekonomi beserta kegiatan usahanya secara prinsipil yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan pemakaian sumber-sumber kekayaan alam.
  2. Persoalan sejarah yaitu berhubungan dengan catatan kronologis contohnya usaha kegiatan manusia beserta prestasinya yang tercatat dan sebagainya.
  3. Masalah manajemen yaitu pihak-pihak yang membuat kajian berkaitan dengan apa yang dialami warganya.
Sedangkan menurut Soerjono Soekanto, berdasarkan kekhususan dari ruang lingkupnya sosiologi dapat dikelompokkan menjadi dua macam cabang, yaitu sosiologi umum dan khusus.
  1. Sosiologi Umum Mempelajari dan menyelidiki tingkah laku manusia pada umumnya, dalam mengadakan hubungan masyarakat.
  2. Sosiologi Khusus Mempelajari dan menyelidiki bermacam-macam sektor kehidupan bermasyarakat, dari suatu segi kehidupan tertentu.
BACA JUGA :   Pengertian, Jenis dan Ciri dari Potensi Diri

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin