Pengertian, Tujuan dan Cara Menulis Surat Izin Sekolah

Pengertian, Tujuan dan Cara Menulis Surat Izin Sekolah

Masterpendidikan.comPengertian, Tujuan dan Cara Menulis Surat Izin Sekolah. Setiap manusia pastinya pernah merasakan sakit, baik sakit yang ringan maupun sakit yang penderitanya pun sampai tidak sanggup lagi untuk beraktifitas seperti biasanya. Saat itulah, diperlukannya surat izin yang salah satunya adalah surat izin tidak masuk sekolah.

Meskipun terdengar dan terlihat sepele, nyatanya dalam pembuatan surat izin tidak bisa sembarangan dan harus sesuai dengan tujuan dan cara penulisannya. Untuk itu, di postingan kali ini kita akan membahas mengenai surat izin sekolah. Mulai dari pengertian, tujuan hingga cara menulisnya. Dan berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Apa itu Surat Izin Sekolah?

Surat izin sekolah merupakan surat yang dibuat untuk mengabarkan bahwa seseorang tidak bisa hadir karena sakit atau izin lainnya. Surat ini harus berisikan alasan secara jelas agar pihak sekolah bisa memberikan keputusan serta keterangan dibuku absensi siswa dan biasanya surat ini dibuat oleh orang tua murid terlebih jika alasannya karena sakit dan anaknya benar – benar tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

Tujuan Penulisan Surat Izin Sekolah

Surat izin sekolah bertujuan untuk pihak sekolah mengetahui bahwa salah satu muridnya tidak hadir karena sesuatu, sehingga saat murid tersebut kembali masuk sekolah, guru atau pihak sekolah lainnya tidak menanyakan kembali atau bahkan memberi sanksi yang berlaku bagi murid yang bolos atau tidak masuk sekolah karena hal yang disengaja.

Cara Menulis Surat Izin Sekolah

Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat atau menulis surat izin sekolah agar terlihat lebih tertata rapi dan baik. Berikut caranya:

  • Untuk penulisan yang pertama pada surat izin sekolah, harus memuat tempat dan tanggal pengiriman surat.
  • Untuk penulisan yang kedua pada surat izin sekolah, terdapat tujuan dan tempat penerima surat atau wali kelas dari murid yang izin.
  • Untuk penulisan yang ketiga dalam surat izin sekolah, terdapat salam pembuka yang menunjukkan sikap sopan untuk penerima surat.
  • Untuk penulisan yang keempat dalam surat izin sekolah, harus memuat data diri pengirim surat seperti nama, alamat, kelas atau jurusan dari murid yang sedang izin tersebut.
  • Untuk penulisan yang kelima dalam surat izin sekolah, terdapat isi surat yang menjelaskan tujuan dari dibuatnya surat izin sekolah tersebut.
  • Untuk penulisan yang keenam dalam surat izin sekolah, ditutup menggunakan kalimat atau ucapan terimakasih untuk penerima surat.
  • Untuk penulisan yang ketujuh dalam surat izin sekolah, membubuhkan tanda tangan beserta nama lengkap pengirim surat.
BACA JUGA :   Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contoh Mitos Terlengkap

Unsur – Unsur Yang Ada Di Surat Izin Sekolah

Dalam pembuatan surat izin sekolah juga terdapat beberapa unsur yang akan  menjadi pertimbangan pihak sekolah dalam memberikan persetujuan. Beberapa unsur tersebut adalah”

  • Memiliki tempat dan tanggal pengiriman surat. Contohnya:
    Pekanbaru, 30 September 2020.
  • Membuat tujuan dan tempat penerima surat. Contohnya:
    Kepada
    Yth. Bapak / Ibu Wali Kelas XII IPS
    SMA Negeri 3 Pekanbaru
  • Memiliki salam pembuka. Contohnya:
    Dengan Hormat,
    Saya selaku orang tua murid yang bernama:
  • Terdapat data diri murid yang sedang izin. Contohnya:
    Nama: Ricka Yuliea Citra
    Kelas: XII IPS 3
    Alamat: Jl.Mekar Sari, Rumbai, Pekanbaru
  • Isi surat harus menjelaskan tujuan yang singkat dan jelas. Contohnya:
    Dengan surat ini, kami memberitahukan bahwa anak kami tersebut tidak bisa hadir dalam kegiatan pembelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit yang tidak memungkinkan untuk mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya.
  • Diakhiri dengan penutup. Contohnya:
    Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya dan terima kasih atas perhatian dan pengertian Bapak / Ibu guru berikan. Mohon maaf jika dalam penulisan surat ini memiliki banyak kekurangan.
  • Tambahkan tanda tangan beserta nama lengkap pengirim surat. Contohnya:
    Hormat Saya,(tanda tangan)
    Suhartin

Itulah pengertian, tujuan beserta cara penulisan surat izin sekolah yang bisa menjadi pembelajaran kita bersama. Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa sehat selalu.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi