Mengatasi Rasa Malas Membaca Buku

Mengatasi Rasa Malas Membaca Buku

Masterpendidikan.com – Mengatasi Rasa Malas Membaca Buku – Tahukah anda bahwa apa yang kita percayai itulah yang akan terjadi pada diri kita. Jika kita percaya kalau membaca buku itu tidak menyenangkan maka kita tidak akan suka membaca, begitu pula sebaliknya. Tidak peduli seberapa sadar kita akan manfaat dari membaca, ketika kita tidak suka membaca, penyakit malas terus datang tanpa diminta.

Sering kita mendengar istilah membaca adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa seakan-akan “berkeliling dunia”. Berkeliling dunia dalam tanda kutip, karena memang raga kita tidak sungguh-sungguh pergi berjalan-jalan keliling dunia, melainkan jiwa, pikiran, dan imajinasi kita yang melalang buana keliling dunia.

Sudah jamak kita melihat hampir di seluruh sudut kota orang Indonesia merokok dengan nikmatnya. Namun jarang kita melihat orang Indonesia yang asyik membaca buku di depan umum. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat malas membaca buku atau media cetak lainnya. Berdasarkan penelitian UNESCO, hanya 1 orang dari 1.000 orang Indonesia yang punya minat baca serius.

Jika terus begini, kapan negara kita akan maju? Kita ketinggalan jauh dari negara lain, bahkan dari negara tetangga saja kita kalah dalam hal urusan membaca.

Kalau tidak kita ubah kebiasaan ini akan jadi apa nanti negara kita tercinta ini? Masyarakat lebih gemar nongkrong minum kopi sambil ngobrol yang tidak penting ketimbang membaca.

Maka dari itu mulailah dari kita sendiri, biarkan orang lain tidak mau membaca, tetapi kita jangan. Jika anda kesulitan untuk memulainya, kami akan memberikan beberapa tips nya.

BACA JUGA :   Sejarah, Bahasa, Kesenian, Kepercayaan dan Mata Pencaharian Suku Batak

Mengatasi Rasa Malas Membaca Buku

Temukan Tempat yang Nyaman dan Produktif

Hal pertama yang coba anda lakukan adalah mencari tempat yang menurut anda sangat nyaman, dalam urusan hal ini kelihatannya sangat gampang, padahal ini lumayan susah untuk dimulai. Cobalah untuk mencari tempat yang sepi agar anda bisa benar-benar tenang dan tidak terganggu saat anda membaca.

Fokus Pada 1 Subjek Saat Sedang Belajar

Jangan pernah melakukan multitasking saat Anda sedang belajar atau membaca, sebab hal ini tidak akan bisa membuat Anda menjadi lebih produktif dan memicu perasaan malas belajar pada diri anda.

Fokuslah pada satu hal terlebih yang ingin anda pelajari, misalnya jika anda ingin belajar bahasa inggris maka carilah buku-buku tentang belajar bahasa inggris sampai anda benar-benar bisa dan mahir. Jangan mencari buku lain selain buku yang anda minati karna akan membuat anda tidak fokus dan akan jenuh.

Tidak Perlu Memulai dari Buku yang Berat. Mulailah dari yang Paling Ringan dan Paling Mudah

Pilihlah buku yang menurut anda menarik, pilihlah buku yang tidak terlalu tebal, karna biasanya jika masih tahap awal, melihat buku yang sangat tebal akan membuat anda malas membaca nya.

Anda tidak perlu langsung membaca buku tesebut sampai selesai di hari itu juga, cobalah untuk mencicil sedikit demi sedikit terlebih dahulu, ini bertujuan untuk melatih kamu membaca buku.

Ninabobokan Dirimu dengan Buku

Saat anda akan tidur di malam hari, cobalah untuk membaca buku terlebih dahulu, ini bisa anda lakukakan di tempat tidur anda, tidak perlu banyak halaman, secukupnya saja anda lakukan. Hal ini juga dapat membantu anda agar cepat terlelap tidur karena bisanya membaca buku akan membuat anda mengantuk.

BACA JUGA :   Contoh Surat Berhenti Kerja

Jangan Meletakkan Smartphone Berdekatan Dengan Tempat Belajar

Hal ini juga sangat penting, janga meletakkan Smartphone anda di dekat anda ketika anda hendak membaca buku. Matikan atau silent mode Smartphone anda agar tidak menggangu saat anda sedang membaca.

Akhir Kata

Ayo hidari rasa malas belajar dan kembali bersemangat menempuh pendidikan untuk masa depan yang lebih baik!

You May Also Like

About the Author: admin