Pengertian, Manfaat, Kegunaan dan Cara Membuat Curriculum Vitae

Pengertian, Manfaat, Kegunaan dan Cara Membuat Curriculum Vitae

Masterpendidikan.comPengertian, Manfaat, Kegunaan dan Cara Membuat Curriculum Vitae. Apakah kamu sedang atau akan melamar sebuah perkerjaan? Jika iya, tentunya kamu sudah membuat dan mempersiapkan segala sesuatunya, bukan? Seperti surat lamaran, Curriculum Vitae dan dokumen lainnya. Namun, tahukah kamu jika Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu dokumen penting yang nantinya akan menjadi penentu lolos tidaknya kamu dalam perusahaan tersebut? Sehingga kamu perlu membuatnya lebih menarik dan dapat memberi kesan tersendiri.

Dan kali ini, kita akan membahas apa itu pengertian serta bagaimana cara untuk membuat Curriculum Vitae yang baik dan menarik tentunya. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Curriculum Vitae yang wajib kamu ketahui.

Pengertian Curriculum Vitae

Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang mencantunkan segala data diri pribadi seseorang. Seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, pengalaman pekerjaan, riwayat pendidikan dan lain sebagainya. Curriculum Vitae bisa juga disebut dengan Daftar Riwayat Hidup dan ini sangat dibutuhkan dalam melamar sebuah pekerjaan. Sehingga calon pelamar perlu memperhatikan cara pembuatan CV agar lebih terlihat menarik dan dapat membuat HRD di perusahaan tersebut mempertimbangkan kita untuk menjadi salah satu karyawan disana.

Manfaat Curriculum Vitae

CV juga memiliki manfaat sebagai dokumen yang menjelaskan segala informasi dan data diri sang pelamar agar HRD perusahaan tersebut lebih mudah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran bagaimana langkah selanjutnya yang harus dilaksanakan.

Kegunaan Curriculum Vitae

Selain memiliki manfaat, Curriculum Vitae juga mempunyai kegunaan sebagai berikut:

  • Bagi perusahaan, CV berguna untuk mengevaluasi bakat dan kompetensi pelamar yang benar – benar memilki kualifikasi yang seseuai dan dibutuhkan perusahaan.
  • Bagi pelamar, CV berguna untuk menggambarkan segala kemampuan dan bakat yang dimiliki secara realistis dan menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.
BACA JUGA :   Jangan Sampai Salah Pilih! Begini Cara Memilih Perusahaan Renewable Energy Indonesia yang Terbaik

Cara Membuat Curriculum Vitae

Untuk membuat Curriculum Vitae yang menarik dan dilirik oleh perusahaan, kita harus memperhatikan apa saja yang harus kita cantumkan dan diperlukan. Karena saat melamar pekerjaan, kita akan bersaing dengan pelamar lainnya , sehingga pembuatan Curriculum Vitae harus lebih menarik dan berbeda dari yang lainnya. Dan berikut adalah beberapa cara yang mesti kamu lakukan dalam membuat Curriculum Vitae:

Hindari Kesalahan dalam Penulisan

Saat menulis data diri pada sebuah Curriculum Vitae, kamu harus memperhatikan tulisan dan jangan sampai membuat kesalahan dalam penulisan. Tulis dengan ejaan yang benar dan berdasarkan EYD agar terlihat lebih profesional.

Mudah untuk Dibaca

Dalam menyusun informasi ataupun data diri, kamu harus menggunakan kata – kata yang menarik dan mudah dibaca. Perhatikan font yang digunakan agar tidak rumit untuk dibaca. Terlebih membuat pembacanya bosan dan enggan untuk mencerna kata – kata yang kamu buat.

Singkat, Padat dan Jelas

Selain menggunakan font yang juga dapat menunjang kerapian isi dari CV. Kamu juga harus memperhatikan setiap kalimat atau kata – kata yang kamu buat agar tidak terlalu panjang. Karena dalam membuat CV, kamu harus menggunakan kata – kata yang singkat, padat namun jelas agar perekrut tidak menghabiskan banyak waktu saat membaca CV kamu. Mengingat banyak sekali kandidat lainnya yang juga mengirimkan lamaran.

Gunakan Template CV

Untuk membuat CV llebih terlihat menarik, tidak ada salahnya kamu menggunakan template yang bisa kamu dapatkan dan gunakan secara online dan gratis. Karena saat ini juga sudah tersedia beberapa aplikasi pembuat CV yang dapat kamu manfaatkan.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian, Manfaat, Kegunaan dan Cara Membuat Curriculum Vitae yang bisa kamu gunakan dan pelajari. Semoga bermanfaat dan membantu kamu untuk menghasilkan Curriculum Vitae yang baik dan menarik.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi