Apa itu Filsafat dan beserta Fungsinya

Apa itu Filsafat dan beserta Fungsinya

Masterpendidikan.com – Apa itu Filsafat dan beserta Fungsinya. Filsafat ialah satu pertimbangan dan analisis gawat pada keyakinan dan sikap yang telah dijunjung tinggi kebenarannya lewat penelusuran dan riset ide landasan berkenaan sektor aktivitas pertimbangan misalnya: konsep, kepercayaan, ide dan sikap umum dari satu pribadi atau barisan untuk membuat kebijakan

Apa itu Filsafat dan beserta Fungsinya

Apa itu Filsafat dan beserta Fungsinya
Apa itu Filsafat dan beserta Fungsinya

Secara etimologis, arti filsafat berawal dari bahasa Arab, yakni falsafah atau dari bahasa Yunani yakni philosophia yang terbagi dalam kata philien yang bermakna cinta dan sophia yang bermakna kebijakan.

Pengertian Filsafat

  • Aristoteles, filsafat ialah pengetahuan (pengetahuan) yang mencakup kebenaran yang terdapat ilmu-ilmu metafisika, nalar, retorika, norma, ekonomi, politik, dan seni.
  • Plato, filsafat adalah pengetahuan yang berusaha untuk capai pengetahuan mengenai kebenaran yang asli.
  • Descrates, filsafat adalah seluruh pengetahuan di mana Tuhan, alam, manusia jadi dasar penyidikan.

Aktivitasnya Filsfat Meliputi

Menurut Nur A. Fadhil Lubis, filsafat mempunyai tiga ciri-ciri khusus, yaitu:

Universal (menyeluruh), yakni pertimbangan yang luas dan tidak faktor spesifik saja.

Radikal (mendasar), yakni pertimbangan yang dalam sampai ke hasil yang esensial dan essensial.

Struktural, yakni mengikut skema dan sistem memikir yang runtut dan rasional walau spekulatif.

Ciri-ciri Filsafat

1 Preskriptif, yakni satu paparan yang terinci mengenai suatu hal, menerangkan kenapa suatu hal melakukan perbuatan demikian.

2 Gawat, yakni menanyakan segala hal (terhitung hasil filsafat), dan tidak terima demikian saja apa yang nampak sekilas, yang disebutkan dan yang dikerjakan warga.

3 Riset, yakni membahas dan membahas secara detil dan lengkap suatu hal, terhitung konsep-konsep landasan yang dengannya kita pikirkan dunia dan kehidupan manusia.

BACA JUGA :   Tujuan Perjanjian Tordesillas Antara Portugis dan Spanyol

4 Evaluatif, yakni dapat kita sebut normatif, tujuannya usaha sungguhsungguh untuk memandang dan menanggapi semua masalah yang ada pada manusia. Penilaian itu dapat memiliki sifat penetapan kebenaran, kelaikan dan kebaikan.

5 Spekulatif, yakni usaha budi baik manusia yang memiliki sifat perekaan, penelusuran dan pengandaian dan tidak batasi cuman pada rekaman indera dan penilaian lahiriah.

Manfaat Filsafat

Pendayagunaan filsafat di kehidupan bisa terpisah jadi dua jenis yakni, manfaat pada umumnya dan manfaat secara eksklusif.

Manfaat pada umumnya yakni faedah yang bisa kita ambil oleh orang yang pelajari pengetahuan filsafat ini secara dalam, faedah itu bisa berbentuk mempermudah dalam penuntasan beberapa masalah secara gawat

You May Also Like

About the Author: yudha