Cara Membedakan HP yang Sudah dan Belum Di Root

Cara Membedakan HP yang Sudah dan Belum Di Root

Masterpendidikan.comCara Membedakan HP yang Sudah dan Belum Di Root. Saat membeli sebuah handphone, biasanya kita akan melakukan pengecekan baik secara fisik, mesin maupun sistemnya. Dan ada baiknya jug ajika kita mengetahui terlebih dahulu apakah handphone tersebut sudah pernah di root atau belum. Terlebih untuk yang membeli handphone second, yang tentunya sangat rentan dengan pembobolan data hingga malfungsi pada handphone yang akan kamu beli tersebut.

Untuk mengetahui apakah sebuah handphone sudah pernah di root atau belum, sebenarnya adalah hal yang mudah. Karena umumnya tidak ada aplikasi bawaan pada handphone yang sudah pernah di root. Dan jika kamu ingin mengetahui cara lainnya untuk membedakan handphone yang sudah atau belum di root, berikut ulasannya.

Apa itu Root?

Sebelum mengetahui cara untuk membedakan handphone yang sudah pernah di root atau belum, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu arti dari root itu sendiri. Root adalah sebuah proses agar pengguna perangkat baik smartphone, tablet, laptop dan lainnya dapat meenjalankan sisitem operasi dengan kontrol istimewa atau akses penuh.

Artinya, jika kamu sudah melakukan rooting maka kamu akan mendapatkan akses dan bisa melakukan apapun pada perangkat tersebut. Namun sayangnya, jika handphone sudah di root tidak akan bisa melanjutkan garansi bahkan performa handphone pun menjadi menurun.

Cara Mengetahui Handphone Sudah Di Root

Jika kamu yang ingin mengetahui cara untuk membedakan handphone yang sudah ataupun belum di root, berikut ada beberapa diantaranya.

  1. Tanpa Aplikasi

Kamu bisa mengetahui sebuah handphone atau perangkat lainnya apakah sudah di root atau belum tanpa menggunakan aplikasi, yakni:

  • Dengan melihat aplikasi bawaan pabrik, jika pada handphone tersebut sudah tidak ada aplikasi bawaan pabrik besar kemungkinan handphone tersebut sudah pernah di root.
  • Dengan menghapus aplikasi bawaan pabrik, untuk lebih memastikan kamu bisa mencoba menghapus aplikasi bawaan pabrik. Karena aplikasi bawaan tidak akan bisa dihapus jika handphone belum di root.
  1. Dengan Aplikasi
BACA JUGA :   Cara Mudah Mematikan Update Otomatis Aplikasi Di Google Play Store

Kamu bisa juga menambahkan aplikasi Root Checker untuk mengetahui handphone tersebut sudah pernah di root atau belum. Kamu bisa mendownload aplikasi ini deengan gratis pada Playstore, cara menggunakannya pun sangat mudah.

Demikian ulasan Cara Membedakan HP yang Sudah dan Belum Di Root. Semoga bemanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan cara ini. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi