Cara Mudah Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Cara Mudah Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Masterpendidikan.com – Bagi orang dewasa, tidur siang merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk mereka dapati. Terlebih untuk mereka dengan pekerjaan yang sangat sibuk, hingga jam tidur malam pun ikut terganggu.  Sehingga, jika sudah begitu tentunya rasa kantuk saat bekerja sangat rawan untuk hadir dan mengganggu. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ulasan mengenai cara mudah untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja.

Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat rasa kantuk mulai hadir dan mengganggu produktivitas kita saat bekerja, seperti beberapa berikut ini.

  1. Meminum Kopi

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan meminum kopi, karena kafein yang ada pada kopi bersifat stimulan sehingga mampu memberikan energi untuk tubuh serta meningkatkan aktivitas pada otak beserta sistem saraf pusat.

  1. Minum Air Putih

Selain dengan meminum kopi, kamu juga bisa minum air putih untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja. Seringnya rasa kantuk timbul karena tubuh kita kekurangan cairan, oleh karena itu, minum air putih dapat mengobati dehidrasi dan otak pun bisa kembali fokus tanpa adanya rasa kantuk.

  1. Mencuci Muka

Kamu juga bisa mencoba cara lain untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja, seperti mencuci muka atau menyiramkan air dingin ke wajah. Cara ini terkenal efektif karena suhu dingin mampu menghilangkan rasa kantuk.

  1. Berdiri dan Berjalan Sesekali

Seringnya saat bekerja kita terlalu fokus hingga duduk terlalu lama dengan posisi yang sama. Padahal hal ini pula yang bisa memancing rasa kantuk saat bekerja. Sehingga dengan begitu, ada baiknya kamu mencoba untuk berdiri dan berjalan sesekali agar rasa kantuk kamu bisa hilang dan darah pun bisa mengalir dengan baik.

  1. Kurangi Porsi Makan Siang
BACA JUGA :   Cara Menggunakan Jangka Sorong

Dengan porsi makan siang yang banyak, tidak hanya akan menimbulkan rasa kekenyangan tapi juga mengantuk saat bekerja. Jadi, ada baiknya kamu mengurangi porsi makan siang jika sering merasa ngantuk saat bekerja.

Mencegah Rasa Kantuk Saat Bekerja

Selain menghilangkan, ada baiknya kamu juga mencegah timbulnya rasa kantuk saat bekerja dalam jangka waktu yang panjang dengan  cara berikut:

  1. Usahakan tidur dengan cukup.
  2. Makan dengan teratur.
  3. Terapkan jam bangun tidur yang sama untuk setiap harinya.
  4. Rajin berolahraga.
  5. Lakukan kegiatan yang bisa membuat diri kita rileks.

Demikianlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga cara atau tips ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan cara ini.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi