Raja yang Memimpin Kerajaan Pajajaran

Kerajaan Pajajaran

Masterpendidikan.com – Raja yang Memimpin Kerajaan Pajajaran. Kerajaan Hindu yang berada di samping barat Pulau Jawa (Sunda) yakni kerajaan Pajajaran atau kerajaan sunda. Ibukotanya Pajajaran dan sekarang ini lebih diketahui Bogor.

Raja yang Memimpin Kerajaan Pajajaran

Kerajaan Pajajaran
Kerajaan Pajajaran

Dalam catatan riwayat Sri Jayabhupati adalah pendiri kerajaan pajajaran yakni di tahun 923, dan baru dipastikan berdiri waktu Jayadewata naik tahta pada 1482 dan bertitel Sri Baduga Maharaja.

Seluruh kerajaan tentu pernah merasakan penggantian atau pengurangan tahta Kerajaan. Ada banyak daftar nama Raja yang pernah jadi pimpinan di Kerajaan Pajajaran, salah satunya ialah :

1. Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja)

Prabu Siliwangi adalah raja pertama sekalian pendiri dari Kerajaan Pajajaran sesudah ada kesepakatan dari ayah dan mertuanya buat menjadikan satu dua kerajaan yang alami persengketaan.

Beliau diputuskan selaku raja yang diberi gelar Sri Baduga Maharaja yang paling disayangi oleh semua rakyatnya. Saat pemerintahannya, beliaulah yang bawa Kerajaan Pajajaran untuk raih periode kemasyhurannya.

2. Surawisesa

Sesudah Prabu Siliwangi turun tahta seputar tahun 1521 Masehi, dan yang gantikan tahtanya ialah Surawisesa yang disebut cucu dari Prabu Siliwangi.

Beliau memerintah Kerajaan Pajajaran sepanjang lebih kurang 14 tahun dan memenangi pertarungan sekitar 15 kali.

3. Ratu Dewata

Raja seterusnya yang pimpin sekalian gantikan Surawisesa ialah Ratu Dewata yang sebut anak kandungnya. Beliau pimpin Kerajaan Pajajaran sepanjang lebih kurang 8 tahun dari tahun 1535 sampai 1543 M.

BACA JUGA :   Arti Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia Dalam Mengusir Penjajah

4. Ratu Sakti

Raja penerus dari Pajajaran Kingdom ialah Ratu sakti yang memegang selaku raja keempat dan pusat dari pemerintah kerajaan ini tetap ada di Pakuan. Beliau pimpin kerajaan Pajajaran sepanjang lebih kurang 8 tahun lama waktunya.

5. Ratu Nilakendra

Nilakendra adalah raja ke 5 dari Pajajaran Kingdom yang gantikan Ratu Sakti seputar tahun 1551 sampai 1567 M, di periode pemerintahannya berikut purat kepemerintahan dari Pajajaran Kingdom beralih sebab mendapatkan gempuran dari Maulana Hasanuddin.

6. Prabu Surya Kencana

Raga Mula taua yangseperti kita ketahui dengan Prabu Surya Kencana adalah raja yang gantikan Ratu Nilakendra dan pusat pemerintahannya berpindah ke Pandeglang, Banten. Beliu memerintah Pajajaran seputar tahun 1567 sampai 1579 M atau lebih kurang sepanjang 12 tahun.

You May Also Like

About the Author: yudha