Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Masterpendidikan.com – Sejarah Sepak Bola Indonesia – Sepak bola merupakan salah satu olah raga dan permainan yang sudah sangat kita kenal. Dari mulai yang muda sampai yang tua pasti mengetahui tentang permainan yang satu ini.

Sepak bola ditemukan di China pada abad ke 2 sebelum masehi. Sepak bola pertama kali dimainkan dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit dan digiring dewngan menggunakan kaki.

Pemain sepak bola terdiri dari 11 orang dan bentuk formasinya ditentukan tim masing-masing. Namun, biasanya formasi sebuah tim sepak bola terdiri dari: seorang penjaga gawang, 2-4 orang pemain bertahan, 2-4 orang pemain tengah dan 1-3 orang pemain penyerang.

Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang boleh memegang bola untuk melindungi gawang dari serangan tim lawannya. Biasanya penjaga gawang memakai seragam yang berbeda dari pemain lainnya.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Penjajahan bangsa Indonesia memberikan banyak pengaruh kepada bangsa Indonesia. Salah satu pengaruh yang dibawa saat itu adalah masuknya sepak bola sehingga masyrakat Indonesia mengenal sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sepak bola indonesia dimulai sejak tahun 1914 saat Indonesia masih dijajah oleh pemerintah Hindia Belanda. Kompetisi antar kota di jawa tersebut hanya di juarai oleh dua tim atau di dominasi dua tim saja, yaitu Batavia City, Soerabaja City.

Sepak bola modern di Indonesia dimulai dengan terbentuknya PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indoneisa) pada 19 April 1930 di Yogyakarta.

Ketua PSSI pertama adalah Soeratin Sosrosoegondo. Kala itu, kelahiran PSSI kerap dikaitkan dengan kegiatan politik yang menentang penjajahan.

Singkat cerita, pasca Soeratin Sosrosoegondo wafat, tim nasional sepak bola Indonesia tidak banyak mencetak prestasi, sebab pembinaannya tidak dibarengi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi.

BACA JUGA :   Definisi Integritas Dan Komitmen Dalam Bekerja

Sayangnya sejarah panjang sepakbola Indonesia belum mampu merubah prestasi sepak bola Indonesia di kancah internasional. Butuh manajemen bola yang bertekad untuk merubah Sepak Bola Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Akhir Kata

Sebagai penerus bangsa, kita harus melanjutkan perjuangan para pendahulu kita, untuk menempatkan sepak bola Indonesia di persaingan liga sepak bola dunia

You May Also Like

About the Author: admin