Contoh Lembaga Pemerintahan Non Kementrian

Penjelasan Lembaga Non Kementrian Dan Contohnya

Masterpendidikan.com – Contoh Lembaga Pemerintahan Non Kementrian. Kita pasti sudah mengetahui beberapa dari lembaga yang ada. Namun, taukah kamu ada banyak lembaga yang sudah berdiri di Indonesia ini. Secara garis besar lembaga tersebut terbagi dua, ada yang lembaga kementrian dan juga ada lembaga non kementrian. Untuk itu kali ini kita akan membahas Contoh Lembaga Pemerintahan Non Kementrian.

Penjelasan Lembaga Non Kementrian Dan Contohnya

Penjelasan Lembaga Non Kementrian Dan Contohnya
Penjelasan Lembaga Non Kementrian Dan Contohnya

Secara Bahasa, kita pasti sudah dapat mengartikan apa itu lembaga non pemerintahan. Yaitu lembaga yang berdiri di luar ruang lingkup kementrian yang ada.

Namun, secara khusus lembaga ini kita kenal dengan singkatan LPNK, yaitu lembaga pemerintah non kementrian. Lembaga ini di bangun khusus untuk membantu beberapa pekerjaan tertentu dari presiden.

LPNK ini sudah berdiri sejak tahun 2001 semenjak penetapannya dalam perpres, yang mana dalam keputusan presiden nomor 102 pada tahun 2001 tersebut.

Contoh Lembaga Pemerintah Non Departemen

Ada banyak lembaga yang berkerja secara khusus untuk menyelesaikan pekerjaan presiden. Lembaga non kementrian ini bekerja secara khusus di bawa koordinasi beberapa mentri dan juga presiden secara langsung.

Berikut ada beberapa lembaga pemerintah non pemerintahan yang masih aktif berfungsi hingga saat ini,  yang bekerja secara khusus untuk menyelesaikan pekerjaan presiden republik indonesia.

Arsip Nasional Republik Indonesia

Lembaga ini bekerja atas departemen jaringan informasi kearsipan nasional. Yang tentunya lembaga ini secara khusus bekerja untuk menangani arsip-arsip yang langsung bersangkut paut dengan pemerintahan.

BACA JUGA :   Pengertian, Sejarah, Teori Terbentuk, Sifat, Karakteristik dan Klasifikasi Black Hole ( Lubang Hitam )

Badan Intelegen Negara

Lembaga ini berdiri pada tahun 2016 yang secara khusus menangani pekerjaan intelegen negara baik ke dalam maupun ke luar negri. Lembaga BIN ini di dirikan oleh Zulkifli Lubis.

Badan Kepegawaian Negara

Lembaga ini di bentuk secara khusus untuk melakukan pengaturan manajemen pegawai-pegawai yang di Indonsia. BKN ini berdiri atas dasar hukum PP No. 32 Tahun 1972.

Badan Koordinasi Penanaman Modal

Yang biasa di singkat dengan nama BPKM, badan ini secara khusus menangani  perumusan kebijakan pemerintah pada bidang penanaman modal. Lembaga ini berdiri pada tahu 1973 yang berkantor pada daerah jakarta.

Masih ada banyak lagi Contoh Lembaga Pemerintahan Non Kementrian. Jika kamu ingin mengetahui semua lembaga non kementrian dan contohnya. Kamu dapat melihatnya pada situs DPR resmi yang menjelas mengnai hal itu pada link ini.

You May Also Like

About the Author: yudha