Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Maritim Terbesar Asia Tenggara

Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Maritim Terbesar Asia Tenggara

Masterpendidikan.com – Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Maritim Terbesar Asia Tenggara. Kita selalu mendengar kerajaan sriwijaya dalam cerita atau buku sejarah. Namun, tau kah kamu bahwa kerajaan sriwijaya pernah menjadi kerjaan maritim terbesar se asia tenggara?

Kerajaan maritim sendiri merupakan sebuah kerajaan yang secara langsung berbatasan dengan laut lepas. Hampir semua kegiatan dari kerajaan maritim memanfaatkan laut untuk sebagian besar kegiatannya. Misalnya, perdagangan, transportasi, perperangan, atau dalam penentuan batas wilayah.

Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Maritim Terbesar Asia Tenggara

Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Maritim Terbesar Asia Tenggara
Krajaan Sriwijaya Krajaan Maritim Terbesar Asia Tenggara

Sriwijaya sendiri merupakan sebuah kerajaan budha yang bertempat di bagian sumatra timur. karena berada ppada daerah pesisir, kerajaan sriwijaya sempat menjadi pengontrol jalur utama perdagangan ke selat malaka.

Menjadi kerajaan Maritim terbesar

Memiliki pusat pemerintahan pada daerah palembang. Kerajaan sriwijaya memiliki daerah pesisir yang cukup panjang. Oleh karena itu, sriwijaya dapat memanfaatkan laut yang mereka miliki untuk menjadi kerajaan maritim.

Namun, hingga saat ini sering terjadi perbeaan pendapat untuk pusat kerjaan sriwijaya. Hal ini terjadi karena penemuan-penemuan benda penting peninggalan kerajaan ini di berbagai tempat. Misalnya, jambi, thailland selatan, kedah, bahkan sempat ada perdebatan bahwa pusat kerjaan sriwijaya berada di daerah jawa.

Karena pengaruh kerajaan maritim yang sangat besar. Sriwijaya pun menjadi pusat perkembangan agama budha untuk wilayah asia tenggara. Perkembangan agama budha pun menjadi cukup pesat karena pengaruh krajaan sriwijaya yang menguasai daerah maritim inti.

Masa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Ada beberapa raja yang berganti-ganti memimpin kerajaan sriwijaya ini. Namun, ada beberapa raja yang dapat membawa kerajaan ini ke pada masa kejayaanya. Salah satunya adalah raja Bala Putra Dewa.

BACA JUGA :   Sejarah Sumpah Pemuda dan Isi Teks Asli Sumpah Pemuda

Bala Putra dewa sendiri merupakan raja yang ke 5 dari kerjaan sriwijaya. Raja Bala Putra dewa sendiri menjabat pada tahun IX masehi. Ia dapat memanfaatkan posisi kerajaan ini yang berada pada daerah pesisir dengan maksimal.

Pada masa raja bala putra dewa juga, krajaan sriwijaya ini mendapatkan gelar sebagai kerjaan maritim terbesar se asia tenggara. Wilayah ke maritiman kerjaan sriwijaya dimanfaatkan oleh raja bala putra dewa untuk menjadi sektor perdagangan yang besar. Hal ini yang membuat kerajaan sriwijaya masuk ke dalam masa kejayaannya masa itu.

Demikianlah artikel mengenai Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Maritim Terbesar Asia Tenggara, semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai kerjaan ini.

You May Also Like

About the Author: yudha