Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara Kerajaan Hindu Tertua

Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Masterpendidikan.com – Seperti yang kita ketahui, kerajaan tarumanegara adalah kerjaan hindu yang tertua nomor dua di Indonesia. Kerjaan yang berdiri pada daerah lebak, Banten ini, memiliki pendiri yang bernama Rajadirajaguru. Berikut penjelasan mengenai Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara.

Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Rajadirajaguru atau sering kita kenal dengan nama Raja Jayasingawarman merupakan seorang pendeta yang berasal dari india. Beliau melakukan perjalanan pengungsian ke nusantara saat itu, karena daerah asalnya terjadi penyerangan. Jayasingawarman tiba di nusantara tepatnya daerah jawa barat.

Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara
Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Pada masa itu, yang berkuasa pada daerah tersebut adalah Kerajaan Salakanagara, yang memiliki raja yang bernama Raja Dewawarman VIII. Sesampainya di daerah tersebut Rajadirajaguru meminta izin pada penguasa setempat untuk mendirikan pemukiman dan lokasi baru.

Karena mendapat persetujuan dari kerjaan salakanegara selaku yang berkuasa pada masa itu, Rajadirajaguru pun mendirikan kerajaan yang saat ini kita kenal dengan kerajaan tarumanegara.

Arti Dari Nama Tarumanegara

Pemberian nama tarumanegara bukan tanpa sebab. Zaman dahulu nama dari sebuah kerajaan dapat di pengaruhi oleh banyak hal. Misalnya, nama pendiri, kisa berdirinya, atau letak geografis dari kerajaan tersebut.

Begitu juga dengan kerajaan tarumanegara ini, nama tersebut memiliki makna yang di ambil dari dua kata. Taruma dan negara, taruma sendiri berasal dari nama sebuah sungai yang membela jawa barat saat itu yaitu sungai citarum. Hal itu di ambil dari posisi geografis kerajaan tarumanegara yang terletak di dekat sebuah sungai besar yang membelah jawa barat. Dan untuk arti dari negara sendiri pada masa itu adalah sebuah kerajaan atau negeri.

BACA JUGA :   Pengertian, Sejarah dan Tujuan Gerakan Pramuka Indonesia

Dari penggalan kata tersebut dapat kita artikan bahwa kerjaan tarumanegara adalah sebuah kerajaan yang berdiri di dekat sebuah sungai citarum jawa barat. Hingga saat ini nama dari kerjaan tersebut tetap seperti itu dan tidak berganti sedikitpun.

Kesimpulan

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan hindu tertua nomor dua serta merupakan salah satu yang terbesar. Kekuasaan dari kerajaan tarumanegara waktu itu meliputi daerah banten hingga cirebon. Selama berdiri kerajaan tarumanegara merasakan tiga kali masa keemasan. Hal ini sangat di pengaruhi oleh letak geografinya yang berada di dekat sungai besar, hal itu sangat mempermudah dalam hal transportasi.

Demikianlah artikel yang berisikan mengenai Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara Kerajaan Hindu Tertua. Semoga dapat membantu kamu.

You May Also Like

About the Author: yudha