Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Lonceng Keramat

Masterpendidikan.com – Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai.  Seperti yang serning kita dengar kerajaan samudra pasai meruapakan kerajaan islam yang pertama yang berdiri di Indonesia. Kerajaan samudra pasai atau awalnya bernama samudra darusallam.

Awalnya kerjaan ini berdiri pada tahun 1267 oleh marah silu atau yang bergelar sultan malik as saleh. Kerjaan ini berdiri selama 254 tahun. Selama itu, kerajaan samudra pasai ini memiliki beberapa barang peninggalan yang masih dapat kita liat hingga saat ini.

Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Berikut beberapa peninggalan dari kerajaan islam pertama ini yang sudah berdiri selama 254 tahun yang hingga saat ini dapat kita lihat :

Lonceng Keramat

Lonceng Keramat
Lonceng Keramat

Sebuah lonceng besar yang masih berdiri kokoh hingga saat ini, lonceng ini juga di kenal dengan nama Cakra Donya . Lonceng ini memiliki tinggi 125cm dab juga lebar 75cm. Cakra donya ini di dapatkan dari pemberian dari kekaisaran cina saat itu yang di berikan pada sultan kerajaan samudra saat itu.

Dirham Emas

Dirham Emas
Dirham Emas

Pada zaman sekarang ini, untuk bertransaksi kita menggunakan uang kertas atau uang coin yang terbuat dari logam. Namun, berbeda dengan pada zaman kerajaan samudra pasai itu, saat itu dirham yang di gunakan untuk melakukan bertransaksi terbuat dari emas yang murni 70%. Hingga saat ini dirham emas tersebut masih ada.

Surat Peninggalan Sultan Abidin

Surat Peninggalan Sultan Abidin
Surat Peninggalan Sultan Abidin

Sebuah surat yang di tujukan kepada seorang wakil raja portugis saat itu yang bernama kpitan moran. Surat ini berisikan mengenai keadaan sebenarnya dari kerajaan samudra pasai saat itu. Yang mana saat itu kerajaan samudra pasai telah berhasil di taklukan olhe bangsa portugi pada tahun 1511. Peninggalan dari sultan abidin yang berupa surat ini, di tulis dengan menggunakan bahasa arab.

BACA JUGA :   Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia serta Perkembangan Internet Lengkap

Cap Kerajaan

Cap Kerajaan
Cap Kerajaan

Sebuah stempel yang di yakini oleh para peneliti di miliki oleh sultan ke dua dari kerjaan samudra pasai. Cap kerajaan ini di temukan pada daerah aceh utara desa kuta krueng.

Makam Sultan Kerajaan Samudra Pasai

Makam Sultan Kerajaan Samudra Pasai
Makam Sultan Kerajaan Samudra Pasai

Hingga saat ini ada beberapa makan dari sultan-sultan kerajaan samudra pasai yang masih ada dan terawat dengan sangat baik. Berikut beberapa nama sultannya

  • Sultan Malik As-Shalih
  • Sultan Muhammad Malik Al- Zahir
  • Teungku Sidi Abdullah Tajul Nillah
  • Teungku Peuet Ploh Peuet

Demikianlah artikel mengenai Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai, semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai kerajaan islam tertua di Indonesia ini.

You May Also Like

About the Author: yudha