Sejarah Mengenai Perang Buats Di Madinah

Perang Bu'ats Di Madinah

Masterpendidikan.com – Sejarah Mengenai Perang Buats Di Madinah. Perang bu ats merupakan salah satu perang yang terjadi di madinah yang terjadi saat nabi muhammad SAW melakukan perjalanan hijrah. Perang ini adalah perang terkahir yang terjadi antara kaum aus dan juga kaum Khazraj.

Nama bu’ats merupakan salah satu nama daerah yang berada di madinah. Perang ini terus-menerus terjadi selama limat tahun hingga terakhir pada saat Rosulullah melakukan perjalanan hijrah ke madinah. Atau sebelumnya bernama yatrisb sebelumn berubah nama menjadi madinah setelah hijrahnya Rosulullah.

Sejarah Mengenai Perang Bu’ats Di Madinah

Perang Bu'ats Di Madinah
Perang Buats Di Madinah

Perang bu’ats ini selalu terjadi dalam kurun waktu lima tahun, dan akhirnya berakhir saat nabi Muhammad SAW berada di madinah. Saat itu di madinah terdapat dua kaum yang sangat kuat dan memang selalu memiliki persaingan. dan bertempur selama berathun-tahun, hingga pada limat tahun terakhir pecahlah perat bu’ats.

Penyebab Terjadinya Perang Bu’ats

Awal mula terjadinya perpecahan antara kedua kaum yang menguasai madinah ini adalah karena adanya adu domba. Adu domba ini di lakukan oleh Syasy bin Qais. Ia trus menerus mengatakan dan menyebarkan tentang kehebatan kaum Khazraj  dari pada kamu aus.

Hal ini secara terus menerus di sebarkan dalam setiap pembiacarannya. Hingga pada akhirnya tumbuh kebencian antara kedua kaum besar yang menguasai madinah ini. Dengan timbulnya kebencian antara kedua kaum ini, nyaris membuat kehancuran kepada madinah.

Peran Rosulullah Dalam Perang Bu’ats

Bertahun-tahun perang ini selalu terjadi di madinah. Hingga pada akhirnya Rosulullah yang saat itu berada di madina dalam proses perjalanan hijrahnya meredahkan perperangan anatara kedua kaum tersebut.

BACA JUGA :   Sejarah Singkat Kerajaan Mataram

Dalam proses nya rosululloh mengutus Mush’ab untuk memberikan ajaran kepada masyarakat yang ada di madinah. Salah satu pelajarannya adalah membuat persaudaraan pada setiap kaum dan penduduk yang ada di madinah. Yang mana ajaran memang yang sudah ada pada ajaran islam.

Pada akhirnya, kedua kaum yang terus menerus berperang ini, yang bahkan nyaris menghancurkan madinah menjadi redah. Dan bahkan meraka menjadi saudara.

Demikianlah artikel yang berisikan informasi mengenai Sejarah Mengenai Perang Buats Di Madinah. Semoga dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan.

You May Also Like

About the Author: yudha