Perbedaan Dari Jurusan Sastra , Pendidikan Bahasa dan Linguistik

Perbedaan Dari Jurusan Sastra , Pendidikan Bahasa dan Linguistik

Masterpendidikan.com – Mungkin kamu sering mendengar perihal jurusan sastra ataupun pendidikan Bahasa Indonesia. Terlebih saat hendak memasuki perguruan tinggi dan bingung memilih diantaranya. Dan ada satu lagi yang hampir sama yakni jurusan linguistik. Lalu apa saja yang membedakan ketiganya?  Berikut ulasan yang perlu kamu simak.

Perbedaan Jurusan Sastra, Pendidikan Bahasa dan Linguistik

Meskipun masih berada dalam satu rumpun yakni mempelajari dunia bahasa, namun praktik dan pelajarannya berbeda. Jadi untuk kamu yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, maka perlu mengetahui pengertian dari masing – masingnya agar tidak bingung dalam membedakannya terlebih untuk kamu yang ingin mengambil salah satunya.

Jurusan Sastra

Pastinya saat mendengar sastra kamu berpikiran tentang puisi, buku dan tulisan lainnya. Namun secara luas, sastra memiliki artian sebagai salah satu ilmu yang mencakup tentang soal kaya secara mendalam serta dapat kita pelajari. Karena sastra memiliki pembahasan yang luas serta dapat mencakup apapun yang berkaitan dengan  berbahasa dalam kehidupan sehari – hari.

Dan ilmu sastra juga dapat menghasilkan karya yang bervariasi seperti novel, puisi, cerpen hingga lagu dan film. Bahkan ilmu sastra juga melakukan analisis terhadap karya yang terbuat dengan pedoman serta teori yang telah pelajari.

Dalam praktiknya, jurusan sastra dapat mempraktikkannya pada sebuah karua sastra yang menarjk seperti membuat pementasan teater dengan teman – teman. Dengan begitu selain bahasa kita juga mendapatkan ilmu lain seperti seni dan sosial.

Pendidikan Bahasa

Meski tidak seluas ilmu sastra, namun jurusan ini juga menarik dan mampu mengajar teori pendidikan, guru daj lainnya. Dan sesuai dengan namanya, jurusan pendidikan Bahasa sangat penting dan bermanfaat. Para mahasiswa pun dituntut untuk dapat membuat membuat metode pembelajaran yang baik hingga evaluasi pembelajaran.

BACA JUGA :   Pengertian dan 5 Langkah Metode Ilmiah

Linguistik

Jurusan ini jarang didengar namun cukup penting karena mempelajari proses manusia berbicara dan tenang. Dan ilmu ini pun memiliki cabang yang mampu membuat kita giat belajar untuk memahami secara umum seperti fonologi, morfologi dan pragmatik.

Kesimpulan

Dengan adanya cafe ini membuat kita memahami perbedaan diantara ketiganya. Bagaimana? Sudah tahu ingin memilih yang mana?.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi