Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Masterpendidikan.comTips Menabung Ibu Rumah Tangga. Tidak hanya memasak, membersihkan rumah dan mengurus anak, ibu rumah tangga juga dituntut untuk pandai mengatur keuangan agar semua kebutuhan dapat terpenuhi. Dan untuk mengatur keuangan, beberapa ibu rumah tangga mengalami kesulitan. Terlebih untuk yang sudah memiliki anak, yang mana pengeluaran pun akan lebih besar dari biasanya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang ibu rumah tangga untuk mengetahui cara menambung agar memiliki dana simpanan ssbahai persiapan masa depan. Seperti yang akan kita bahas kali ini, yakni tips menabung untuk ibu rumah tangga.

Beberapa Tips Menabung

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh para ibu rumah tangga guna menyimpan sebagian uangnya untuk ditabung. Berikut beberapa diantaranya.

1. Buat Anggaran Pengeluaran

Penting sekali kita membuat anggaran pengeluaran, yang karena dengan anggaran tersebut bisa merencanakan pengeluaran. Sehingga cara ini sangat perlu kamu terapkan pada saat hadirnya saldo bulanan suami.

2, Bayar Semua Tagihan Lebih Awal

Tentunya kewajiban tidak boleh ktia abaikan, hal ini sangat penting karena sebisa mungkin kita para ibu terhindar dari denda karna telat membayar tagihan bulanan. Maka dari itu membayar tagihan tepan waktu sangat penting untuk menghindari denda keterlambatan pembayaran.

3. Ikut Arisan

Mengikuti arisan rumahan. Hal ini penting untuk menabung dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Karena dengan mengadakan atau membuat arisan rumahan tentunya sangat asik dan tentunya aman dan nyaman. Tentunya cara ini sangat efektif untuk para ibu yang ingin menyisihkan uang dari suami agar bisa kita tabung.

BACA JUGA :   Dampak Globalisasi Di Indonesia Dan Dunia

4. Jangan membeli yang tidak perlu

Hal berikutnya yang kamu perlu ketahui adalah jangan pernah membeli sesuatu yang tidak perlu. Sangat wajib untuk menghindari hal itu, seperti ke salon, liburan dan pergi – pergi shopping. Dari pada membeli sesuatu yang tidak perlu lebih baik uangnya kamu tabung saja.

Alangkah baiknya coba menghemat penggunaan produk layanan seperti Internet bulanan, pulsa selluler, listrik, air yang tentunya agar sisa uang tagihan bulanan bisa kamu masukkan ke tabungan.

5. Jangan mengabaikan uang receh

Hal sesimpel ini sering ibu rumah tangga melupakan uang receh yang dapat dari kembalian belanja. Uang receh padahal bisa kamu gunakan untuk menabung, mulai dari Rp.100, Rp.200 bahkan Rp.500. Tentunya jika kamu memasukkan kedalam celengah, lama kelamaan akan menjadi banyak tanpa kita sadari.

Kesimpulan

Dengan beberapa tips tersebut, akan memudahkan kamu dalam menabung dan mengontrol pengeluaran keuangan. Jika sudah menjadi ibu rumah tangga, kamu akan dituntuk untuk bisa melakukan hal apa saja. Karena ibu rumah tangga harus bisa mengurus suami dan anak. Menabung itu penting untuk menjaga ekonomi dan keluarga.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi