Tokoh Pemimpin Daulah Bani Abbasiyah

Tokoh Pemimpin Daulah Bani Abbasiyah

Masterpendidikan.com – Tokoh Pemimpin Daulah Bani Abbasiyah. Merupakan sebuah kekhalifaan islam yang awalnya sangat berkuasa di bagdad dan pada akhir mereka berpindah ke kairo. Daulah banu abbasyiah memiliki rentang waktu kekuasaan yang sangat panjang yaitu dari 132 H hingga tahun 656 H.

Tokoh Pendiri Daulah Bani Abbasiyah

Pada rentang waktu yang cukup panjang tersebut kekhalifaan bani abbasyiah  memiliki tokoh pendiri dan pemimpin sebagai khalifah yang cukup memiliki pengaruh yang besar pada saat itu. Berikut beberapa tokoh pendiri  bani abbasyiah yang cukup terkenal.

Tokoh Pemimpin Daulah Bani Abbasiyah
Tokoh Pemimpin Daulah Bani Abbasiyah

Abul Abbas As-Saffah

Merupakan yang menjadi sosok khalifah pertama bani abbasyiah dan juga merupakan seorang pendiri kekhalifaan ini sendiri.Memiliki nama lengkap Abu al-‘Abbās ‘Abdu’llāh ibn Muhammad al-Saffāḥ ia memimpin kekhalifaan ini selama 750 hingga 754.

Abu Ja’far Al-Mansur

Setelah As saffah kekhalifaan bani Abbayiah jatuh ke tangan seorang yang cukup terkenal kemahsyurannya saat itu dengan nama lengkap Abu Jafar Abdullah bin Muhammad Al Mansur. Al mansur berkuasa menjadi khalifah daulah bani abbasyiah dari tahun 754 hingga 775 H. Namun, setelah tidak mendajabat sebagai khalifah lagi, Al mansur mendirikan sebuah ibu kota baru yang saat ini kita kenal dengan baghdad.

Ibrahim Al-Imam

Pemimpin selanjutnya dari daulah bani abbasyiah bernama Ibrahim Al-Imam. Memiliki nama lengkap Ibrahim bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas ia menjadi kekhalifaan dari menggantikan saudara nya sendiri yaitu Al- mansur. Al imam lahir pada tahun 702 M dan meningga pada tahun 747 M. Selain menjadi khalifah  bani abbasyiah Ibrahim al imam juga sempat menjadi gubernur beberapa kota besar yang saat ini kita kenal dengan nama Mekkah, Madinah, Jazirah Yaman.

BACA JUGA :   Definisi Kebudayaan Menurut Ilmu Antropologi dan Para Ahli

Abu Muslim Al-Khurasani

Selanjutnya dari khalifah daulah bani abbasyia adalah Abu Muslim Al-Khurasani, merupakan salah satu dari khalifah abbasyiah yang saat itu menentang dengan keras kekuasaan dari bani ummayah. Yang pada saat itu sedang mengalami kemunduran yang cukup pesat. Abu Muslim Al-Khurasani merupakan salah satu toko pemimpin abbasyiah yang sangat revolusioner. Dan memiliki kegigihan dalam meruntuhkan kekuasaan bani ummayah pada zaman itu.

Demikianlah artikel yang berisikan informasi mengenai Tokoh Pemimpin Daulah Bani Abbasiyah. Semoga dapat membantu kamu dalam menemukan informasu yang sedang kamu butuhkan.

You May Also Like

About the Author: yudha