Cara Menunjukkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Menunjukkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Masterpendidikan.comCara Menunjukkan Kepedulian Terhadap Lingkungan – Dengan bertambahnya hari maka usia bumi yang kita tempati ini pun semakin menua, tak heran jika banyak yang mengalami kerusakan. Hal itu tak terlepas dari aktivitas manusia yang merugikan dan menyebabkan penurunan kualitas lingkungan. Dan sudah merupakan tugas kita sebagai penduduk bumi untuk lebih peduli serta menjaga lingkungan.

Untuk menunjukkan rasa peduli kita terhadap lingkungan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Dan dengan cara tersebut pula kita dapat menyelamatkan dan mewariskan kehidupsn untuk generasi berikutnya. Berikut ulasan mengenai cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.

Cara Menunjukkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Demi menjaga kelestarian lingkungan, kita harus lebih peduli dan memperhatikan segala sesuatu yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi. Seperti beberapa cara berikut ini.

  1. Menjaga Kebersihan Rumah

Dengan menjaga kebersihan rumah berarti kita sudah belajar untuk membiasakan diri. Karena dengan berawal dari rumah sendiri akan terbiasa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

  1. Menanam dan Merawat Tanaman

Tanaman memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk menyaring udara kotor, menyerap air dan tanaman sayuran juga bisa kita konsumsi. Dengan begitu tentu sangat perlu untuk menanam dan merawat tanaman.

  1. Memilah Sampah

Salah satu sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan adalah dengan memilah sampah. Karena tidak semua sampah harus dibuang ke tempat pemrosesan akhir dan ada beberapa sampah yang bisa didaur ulang.

  1. Kurangi Penggunaan Plastik

Jika biasanya saat berbelanja kita menerima barang dalam plastik, maka tidak ada salahnya untuk memulai berbelanja dengan membawa tas sendiri. Karena penggunaan plastik sekali pakai sangatlah tidak baik untuk lingkungan, sebab plastik sangat sulit untuk terurai.

  1. Membawa Botol Minuman Sendiri
BACA JUGA :   Pengertian, Ciri, Jenis dan Tujuan dari Iklan

Kamu juga bisa membawa botol minum sendiri untuk menunjukkan rasa kepedulian kamu terhadap lingkungan, karena botol minum atau tumbler merupakan bentuk dari ramah lingkungan yang dapat membuat kita terhindar dari penggunaan plastik sekali pakai.

Itulah beberapa cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan dapat membuat kita menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar guna melindungi bumi dari kerusakan yang disebabkan oleh  manusia.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi