Tips Menghadapi Kuliah Sambil Kerja

Tips Menghadapi Kuliah Sambil Kerja

Masterpendidikan.comTips Menghadapi Kuliah Sambil Kerja – Pendidikan merupakan hal penting dalam hidup, sehingga tak heran jika banyak orang yang menuntut ilmu pendidikan hingga sampai ke luar negeri. Dan tak sedikit pula orang yang menempuh pendidikan sambil bekerja, walau sulit namun harus tetap semangat agar mencapai tujuan hidup. Untuk lebih optimal, kamu mungkin memerlukan beberapa tips berikut, yakni tips menghadapi kuliah sambil bekerja.

Tantangan Yang Dihadapi Jika Kuliah Sambil Kerja

Ada dua cara yang bisa kita tempuh saat ingin kuliah sambil bekerja. Yakni mengambil kelas reguler dan bekerja freelance atau bisa juga mengambil kelas nonreguler dan bisa bekerja full time pukul 08.00 hingga 17.00 Wib kemudian kuliah seusai bekerja.

Namun sayangnya dari segi biaya, kelas nonreguler memang relatif mahal sehingga harus pandai memilih kampus dengan biaya kelas yang murah dan sesuai dengan kondisi kamu. Dan saat kamu sudah memutuskan untuk kuliah sambil bekerja maka harus siap dengan tantangan berikut ini:

  • Kamu akan lebih sering kekurangan waktu istirahat.
  • Kesulitan dalam mencari waktu belajar.
  • Sering mengantuk saat bekerja dan kelelahan saat kuliah.
  • Kurang bahkan tidak ada waktu berkumpul dengan teman dan keluarga.
  • Dan lain – lain.

Tips Menghadapi Kuliah Sambil Bekerja

Meski sulit untuk mendapatkan pekerjaan sekarang ini, namun adanya situs lowongan kerja bisa membantu kita yang sedang mencari pekerjaan sesuai dengan kompetensi diri. Namun sebelum itu, penting untuk mempersiapkan diri terlebih untuk kamu yang bekerja sambil kuliah.

Dan untuk kamu yang sedang bingung menghadapi kuliah sambil bekerja, berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan yakni:

  • Mengatur Waktu Lebih Baik Lagi, saat kuliah sambil bekerja kita perlu mengatur waktu lebih baik lagi agar bisa menyelesaikan tugas, pekerjaan dan lainnya tepat waktu.
  • Lebih Fokus Kuliah dan Pekerjaan, pastikan kedua hal ini menjadi fokus utama kamu dan kesampingkan hal – hal lainnya.
  • Pastikan Kamu Memilih Jurusan Yang Tepat, apabila kamu sudah bekerja lebih dulu daripada kuliah, maka kamu bisa lebih mudah memilih jurusan. Pilih jurusan yang sekiranya dapat menunjang karir kamu.
  • Gunakan dan Manfaatkan Teknologi sebaik mungkin, dengan adanya teknologi canggih saat ini kita bisa memanfaatkannya dalam membantu kamu beraktivitas, khususnya dalam mengerjakan tugas kuliah ataupun kantor.
BACA JUGA :   Soal dan Jawaban TVRI SD Kelas 1 - 6 Selasa 21 Juli 2020

Itulah beberapa Tips Menghadapi Kuliah Sambil Kerja yang mungkin saja sedang kamu butuhkan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi