Gunakan Cara Ini Untuk Mengurangi Risiko Blue Light

Gunakan Cara Ini Untuk Mengurangi Risiko Blue Light

Masterpendidikan.com – Dengan situasi saat ini, kita dituntut untuk lebih banyak melakukan kegiatan melalui komputer dan ponsel yang mana memiliki dampak positif dan negatif. Untuk dampak positifnya, kita bisa lebih mudah dalam berbagi dan mencari informasi. Namun dampak negatifnya adalah efek blue light yang bisa mempengaruhi kesehatan kita. Dan kali ini, kita akan membahas cara untuk mengurangi risiko blue light. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mengurangi Risiko Blue Light

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko Blue Light adalah dengan cara:

  1. Atur Jarak Pandang

Cara pertama adalah dengan mengatur jarak pandang yakni antara mata dengan gadget. Karena semakin jauh jaraknya maka semakin sedikit pula paparan blue light yang diterima oleh matamu dan tentunya mampu meminimalisir risiko blue light.

  1. Blue Light Filter

Apabila penggunaan gadgetmu secara konstan maka fitur filter blue light wajib kamu sediakan di gadget kamu. Karena fitur blue light ini bisa membantu kamu untuk mengurangi paparan cahaya dari layar gadget  yang  bisa nembuat mata menjadi tegang dan cepat lelah.

  1. Tidur Tanpa Cahaya

Adanya hormon melatolin membuat kita merasa kantuk dan ingin segera untuk beristirahat. Dan blue light memberikan pengaruh kadar melantolin sehingga kamu sanggup seharian penuh menggunakan gadget, padahal hal ini akan berdampak pada kuantitas dan kualitas tidur kamu. Oleh karena itu, usahakan tidur dalam keadaan gelap atau minim cahaya agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Istirahatkan Mata Dari Gadget

Cara untuk mengurangi risiko bahaya blue light berikutnya adalah dengan mengambil waktu untuk mengistirahatkan maya dari paparan layar gadget. Istirahatkan mataa selama 30 detik dalam waktu 30 menit sekali dan ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata kamu.

  1. Gunakan Sunscreen
BACA JUGA :   12 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Penggunaan sunscreen juga dianjurkan untuk mengurangi risiko blue light pada kulit wajah. Jadi, meskipun berada di dalam rumah, jangan pernah melupakan kesehatan wajah dengan menangkap efek sinar UV dan blue light.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi risiko blue light yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi