26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap

26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap

26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap – Ideologi merupakan kumpulan ide, cita-cita, pandangan atau gagasan berupa konsep yang dapat dijadikan azas, pendapat, tujuan serta penunjuk arah kelangsungan hidup. Berbagai negara juga memiliki ideologinya termasuk Indonesia yang memiliki ideologi Pancasila yang diyakini merupakan ideologi terbaik di dunia. Ideologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Idea yang artinya Ide dan Logos yang berarti Ilmu. Untuk lebih memahami pengertian ideologi, berikut merupakan beberapa pengertian ideologi menurut para ahli dari sudut pandang yang berbeda.

26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap
26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

1. Gunawan Setiardjo
Menurutnya bahwa ideologi merupakan kumpulan ide, gagasan atau kaidah yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

2. Karl Marx
Menurutnya bahwa ideologi merupakan kesadaran palsu karena ideologi merupakan suatu hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemikirnya yang ditentukan oleh kepentingannya.

3. Ali Syariati
Menurutnya bahwa ideologi merupakan keyakinan-keyakinan serta gagasa-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, kelas sosial, suatu bangsa, atau suatu ras tertentu.

4. Nicollo Machiavelli
Menurutnya bahwa ideologi merupakan pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan mendapat dan mempertahankan kekuasaan dengan memenfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.

5. Manfred Steger dan Paul James
Mereka berdua memiliki dua pengertian antara lain:

  • Ideologi merupakan sekelompok ide dan konsep yang normatif yang memiliki norma yang merupakan representasi dari kekuatan politik yang ada.
  • Ideologi merupakan peta konsep yang membantu masyarakat dalam mengarahkan kompleksnya kehidupan berpolitik serta keyakinan akan kebenaran sosial.

6. Machiavelli
Menurutnya ideologi merupakan sistem perlindungan kekuasaan ysng dimiliki oleh penguasa.

7. Dr. Alfian
Menurutnay ideologi merupakan suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh serta mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yauitu secara moral dinggap benar dan adil, guna mengatur tingkah laku bersama dari berbagai segi kehidupan.

BACA JUGA :   14 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

8. Frans Magnis Suseno
Menurtnya ideologi merupakan keseluruhan sistem berfikir atau sikap dasar rohaniah sebuah gerakan kelompok sosial serta individu.

9. Karl Maanheim
Menurytnya ideologi merupakan sistem pemikiran yang berguna untuk mempertahankan orde sosial tertentu.

10. Louis Althuser
Menurutnya ideoligi merupakan gagasan yang spekulatif akan tetapi bukan gagasan palsu, karena bukan dimaksudkan untuk menggambarkan suatu realitas melainkan supoaya dapat memberikan gambaran tentang bagaimana semestinay manusia itu dadap menjalani hidupnya.

11. M. Sastra Prateja
Menurutnya ideologi merupakan sebagai perangkat aggasan atau pemikiran yang berorientasi pada tndakan yang terorganisir menjadi satu sistem yang teratur.

 

12. Kirdi Dipoyuda
Ideologi merupakan suatu kesatuan gagasan-gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan bernegara.

13. Dr. Hafidh Shaleh
Ideologi ialah sebuah pemikiran yang mempunyai ide dan metode berupa konsep rasional, yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh masalah kehidupan manusia.

14. Napoleon
Ideologi merupakan  keseluruhan pemikiran politik serta juga rival-rivalnya.

15. Descartes
Menurtnya ideologi merupakan inti dari seluruh pemikiran manusia.

16. Antonine Destut de Tracy
Menurutnya ideologi merupakan ilmu tentang gagasan atau tentang ide -ide yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan akal budi bukan hayalan atau gagasan palsu. Dia merupakan orang pertama yang menggunakan istilah ideologi

17. Harold H. Titus
Menurtnay ideologi merupakan suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai nernagai macam masalah polotik serta ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu rencana sistematis serta dijalankan oleh keompok atau lapisan masyarakat.

18. Murdiono
Menurutnya ideologi merupakan kompleks pengetahuan dan nilai yang keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat agar memahami jagad raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

BACA JUGA :   23 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

19. Soerjanto Poespowardoyo
Menurutnya ideologi merupakan kompleks pengetahuan serta macam-macam nilai yang secara universal menjadi landasan bagi seseoarng atau masyarakat untuk dapat memahami jagad raya serta bumi seisinya dan juga menentuka sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

20. Muhammad Ismail
Ideologi adalah pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun di atas pemikiran-pemikiran yang lain, melainkan merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa, dan mau ke mana alam, manusia, dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya.

21. Francis Bacon
Menurutnya ideologi merupakan sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep ilmu. Sintesa merupakan paduan berbagai pengertian agar semuanya menjadi selaras.

22. Thomas H
Menurutnya ideologi merupakan suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar bisa bertahan dan mengatur rakyatnya.

23. Silvio Vietta
Ideologi adalah bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme.

24. W. White
Ideologi adalah cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.

25. A. S. Hornby
Menurutnya ideologi merupakan seperangkat gagasan yang membentuk landasan teaori ekonomi serta pootik yang dipegang oleh seeorang atau sekelompok orang.

26. C. C. Rodee
Menurutnya ideologi merupakan sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi serta pelakunya.

Itulah sekilas penjelasan tentang pengertian ideologi negara menurut para ahli, semoga bermanfaat dan membantu, sampai jumpa dan terima kasih.

BACA JUGA :   Pengertian, Bentuk Dan Proses Realitas Sosial Dalam Masyarakat

You May Also Like

About the Author: admin