Macam-Macam Norma dan Contohnya

Macam-Macam Norma dan Contohnya

Macam-Macam Norma dan Contohnya – Norma merupakan sekumpulan perangkat yang mengatur manusia dan dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. Setelah kita mengetahui definisi tentang norma, berikut ini adalah macam-macam norma yang ada dalam masyarakat.

Norma sendiri terbagi 4 (empat) Norma yakni Norma agama, Norma kesusilaan, Norma Hukum, Norma Kesopanan, dan norma-norma tersebut memiliki contoh-contoh nya dan penjelasannya, pada setiap contohnya sangat kental dengan dari ke 4 (empat) norma-norma tersebut, Norma haruslah dipatuhi oleh setiap masyarakat agar mereka tidak dicaci maki oleh orang yang ada disekitar kita, karena norma-orma disetiap daerah berbeda-beda, dan disetiap daerahnya memiliki norma-norma tersendiri sehingga kita harus mematuhi apa yang berlaku disana, Maka dari itu ada baiknya jika kita mengetahui norma-norma apa saja yang ada dimasyarakat yang mesti kita ketahui, dan berikut ini merupakan Macam-Macam Norma dan Contohnya:

Macam-Macam Norma dan Contohnya

Ada 4 (empat) macam norma yang berlaku dalam masyarakat, yaitu: norma agama, kesusilaan, kesopanan/adat, dan hukum. penjelasan tentang norma-norma tersebut ialah sebagai berikut:

1. Norma Agama

Norma agama merupakan sekumpulan kaidah atau peraturan hidup yang sumbernya dari wahyu ilahi. Adapun norma agama ialah aturan hidup yang harus diterima seluruh manusia sebagai perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut contoh dari Norma agama:

  1. Melaksanakan ketentuan agama, Misalnya : membantu sesama, Saling menghormati, Tidak semena-mena terhadap orang yang lemah.
  2. Menjauhi larangan agama, Misalnya: Dengan melakukan perjudian, minuman-minuman keras, mencuri, berbuat fitnah, membunuh, berbut zina, berbuat riba serta masih banyak lagi.
  3. Melaksanakan Sholat/sembahyang, ibadah tepat pada waktunya

2. Norma Kesusilaan

Setiap manusia itu memiliki hati nurani yang membedakan dengan makhluk Tuhan lainnya. C.S.T. Kansil menyatakan bahwa norma kesusilaan ialah peraturan hidup yang dianggap sebagai suara dari hati sanubari manusia (insan kamil).

BACA JUGA :   Tujuan Pendidikan Pancasila Beserta Penjelasannya Lengkap

Berikut contoh Norma kesusilaan:

  1. Dilarang membunuh.
  2. Berkata jujur dan benar.
  3. Menghormati dan menghargai.
  4. Berbuat baik terhadap sesama.
  5. Berlaku adil terhadap sesama.

3. Norma Kesopanan/adat

Norma keposanan juga sering disebut sebagai norma adat masyarakat tertentu. Landasan kaidah ini ialah kepatuhan, kepantasan dan kebiasaan yang berlaku di dalam masyarakat. jadi Norma kesopanan merupakan peraturan hidup yang bersumber dari tata pergaulan dalam bermasyarakat tentang etika, sopan santun, dan tata krama dalam bermasyarakat.

Berikut contoh Norma Kesopanan/adat:

  1. Tidak meludah di sembarang tempat.
  2. Bertutur kata yang sopan dan tidak menyakitkan kepada siapa pun.
  3. Masuk rumah orang lain dengan permisi.
  4. Menghormati orang yang lebih tua atau dituakan.
  5. Mempersilahkan/memberikan tempat duduk pada orang yang berhak (Orang Tua, Sedang Sakit dll) di dalam Bus, atau kereta api.
4. Norma Hukum

Norma Hukum merupakan norma/aturan-aturan yang bersumber dari pemerintah atau suatu negara. Norma hukum ini dibuat oleh pejabat pemerintah yang berwenang dengan tertulis dan dalam sistematika tertentu.

Berikut contoh Norma Hukum:

  1. Barang siapa yang menghilangkan nyawa orang lain, akan dikenakan pidana penjara dengan ancaman pidana sekurang-kurangnya 15 tahun.
  2. Pengemudi kendaraan bermotor harus wajib membawa Surat Ijin mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  3. Barang siapa mengambil yang bukan hak miliknya untuk dikuasai kepadanya akan dikenakan saksi pidana.
  4. Tidak boleh ingakar janji atau penipuan dalam jual beli.

Itulah sekilas Macam-Macam norma dan Contohnya, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: admin