19 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

19 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

19 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli – Diawal tahun ini kita akan membahas tentang Seri Rupa. Dan untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya berikut ini :

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni melalui media yang dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan seperti ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, warna, volume, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

19 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

dan untuk lebih jelas lagi kami bagikan juga Pengertian Seni Rupa menurut pendapat beberapa ahli yang dilansir dari situ Silontong.Com. Berikut ini penjelasannya :

1. Kottak
Seni sebagai kualitas, ekspresi, keindahan alam atau apapun yang melebihi keasliannya & klasifikasi objek dengan kriteria estetika.

2. J.J Hogman
Seni ialah sesuatu yang mempunyai unsur ide-ide, kegiatan, & artefak.

3. Aristoteles
Seni ialah tiruan dari alam, namun alam harus ideal.

4. Plato & Rousseau
Seni ialah hasil dari imitasi alam dalam segala aspeknya.

5. Ki Hajar Dewantara
Seni ialah tindakan manusia yang timbul dari perasaan & alam yang indah, sehingga aduk jiwa perasaan manusia.

6. Ahdian Karta Miharja
Seni ialah kegiatan rohani yang mencerminkan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isi yang dimiliki oleh penerima dalam membangkitkan pengalaman spiritual tertentu.

7. Drs. Sudarmaji
Seni ialah semua manifestasi dari pengalaman mental & estetika menggunakan bidang media, garis, warna, tekstur, volume & gelap.

8. Drs Popo Iskandar
Seni ialah hasil dari ekspresi emosional yang ingin di sampaikan kepada orang lain rasa komunitas/kelompok.

BACA JUGA :   Pengertian Seni Teater dan Contoh Seni Teater

9. Prof. Drs. Suwaji bastomi
Seni ialah aktivitas mental dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk kekuatan besar yang membangkitkan rasa heran dan emosi.

10. Enslikopedia Indonesia
Seni ialah penciptaan segala sesuatu atau benda karena keindahan orang senang melihat ataupun mendengarnya.

11. Schopenhauer
Seni ialah setiap usaha dalam menciptakan bentuk-bentuk lain dari menyenangkan. Menurut semua orang senang dengan seni musik meskipun seni musik tersebut merupakan seni abstrak yang paling.

12. Eric Ariyanto
Seni ialah kegiatan rohani atau aktivitas mental yang tercermin dalam bentuk kerja yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkan.

13. Kuntjaraningrat
Seni ialah kompleks ide, gagasan, nilai-nilai, norma, & aturan di mana pola yang kompleks aktivitas & tindakan manusia dalam masyarakat & objek biasanya bentuk manusia.

14. William A. Haviland
Seni ialah sistem keseluruhan yang melibatkan penggunaan imajinasi kreatif dari manusia dalam sekelompok orang dengan budaya tertentu.

15. Irving Stone
Seni ialah kebutuhan pokok. Seperti halnya roti atau anggur atau mantel hangat di musim dingin. Mereka yang berpikir seni ialah sebuah kemewahan, bukan pikiran utuh. Jiwa manusia menjadi lapar akan seni serta perut menggeram untuk makanan.

16. Dra.Nuning Y.Damayanti,Dipl.Art.
Seni pada mulanya ialah proses dari manusia, & oleh karena itu seni merupakan sinonim dari ilmu. Hari ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia.

17. Ira Adriati, M.Sn.
Seni ialah proses & produk dari memilih medium, & satu set aturan untuk penggunaan medium, & seperangkat nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan , sensasi atau perasaan dengan cara yang paling efektif mungkin untuk media itu.

BACA JUGA :   4 Pengertian Drama dan Unsur-Unsurnya Menurut Para Ahli

18. Irma Damayanti, M.Sn.
Seni bisa dilihat pada esensi dari ekspresi kreativitas manusia. Seni sangat sulit untuk menjelaskan & sulit untuk menilai, bahwa setiap individu seniman untuk memilih aturan & parameter yang menuntunnya atau sendirian.

19. Drs.Rizki Akhmad Zaelani
Kata “seni” ialah sebuah kata yang semua orang pasti mengenalnya, walaupun dengan berbagai tingkat pemahaman. Legenda mengatakan bahwa seni itu berasal dari kata “SANI” yang kira-kira berarti “Soul Sublime / Ketulusan jiwa”.

Itulah sekilas penjelasan tentang 19 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka