24 Pengertian Internet Menurut Para Ahli

24 Pengertian Internet Menurut Para Ahli

24 Pengertian Internet Menurut Para Ahli – Berikut ini merupakan beberapa pengertian internet menurut para ahli :

24 Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

1. Onno W. Purbo

Onno W. Purbo ialah tokoh pertama yang menjelaskan tentang internet, Ia menjelaskan internet pada dasarnya ialah sebuah media yang digunakan untuk mengefisiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi seperti VoIP, Web dan E-mail.

2. Allan

Menurut Allan inetrnet ialah sekumpulan jaringan kompuetr yang saling terhubung satu sama lain dengan fisik dan juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal dengan istilah IP atau Internet Protocol dan TCP atau Transmission Control Protocol. Protokol sendiri ialah sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana dua atau lebih komputer dapat saling bertukar informasi.

3. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Strauss, El-Ansary, dan Frost menjelaskan internet ialah keseluruhan jaringan komputer yang saling berhubungan satu sama lain, beberapa kompuetr saling terhubung dalam jaringan ini menyimpan dan memiliki beberapa file yang dapat diakses dan digunakan, contohnya seperti halaman web dan data lainnya yang dpat digunakan dan diakses oleh berbagai komputer yang saling berhubungan dengan internet.

4. Oetomo (2002)

Beliau menyebutkan bahwa internet ialah singkatan dari International Network yang didefinisikan sebagai suatu haringan komputer yang amat besar, yang mana jaringan komputer itu terdiiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Lanjutnya ia menjelaskan juga bawha jaringan komputer yang amat besar ini dapat mencakup jaringan seluruh dunia.

5. Randall dan Latulipe

Mereka mendefinisikan internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat dalam jaringan komputer, jadi tak lain ialah sebuah jaringan global yang terdiri dari beberapa jarigan komputer yang dapat diakses dimana saja.

6. Mori, Kayo dan Takono (1996)

Mereka bertiga menjelaskan internet ialah jaringan yang memiliki tiga keistimewaan:

Pertama yang terdapat dalam internet ialah kebebasan internet. Internet bisa memberikan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi dan menerima informasi dengan bebas.

Kedua, Internet lebih dinamik dan dinilai sangat mengikuti perkembangan waktu, mayoritas informasi dalam internet yang biasa diakses adalah informasi yang paling baru jika dibandingkan informasi dari media cetak.

Ketiga, inetrnet ialah sebuah jaringan yang bersifat interaktif, ini karena dengan internet setiap pengguna dimungkinkan untuk dapat bisa berinteraksi dengan pengguna laindi dunia kapan saja, setiap saat.

BACA JUGA :   Sejarah Komputer dan Perkembangannya Komputer Terkini

7. Supriyanto (2006)

Ia mengatakan bahwa internet ialah suatu hubungan antara berbagai jenis komputerdan dengan jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan aplikasi yang walaupun berbeda, dimana hubungan itu dimanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi seperti satelit dan telepon yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi yakni protokol IP / TCP.

8. Harjono (2009)

Internet ialah kumpulan dari beberapa komputer yang dpat mencpai jutaan komputer di seluruh dunia yang bisa saling berhubungan dan saling terkoneksi satu7 sama lain. Supaya komputer dapat saling terkoneksi maka diperlukan media untuk saling berhubungan antar komputer, media ini bisa menggunakan kabel optik, sambungan telepon atau satelit.

9. O’Brien (2003)

Internet ialah sebuah jaringan komputer yang sekarang berkembang pesat dari berbagai msamkepentingan bisnis, pendidikan sampai dalam jaringan pemerintahan dapat saling behubungan satu sama lain, dan jumlah penggunanya dapat berkembang lebih dari 200 negara.

10. Ramdhani (2003)

Dalam modul pembelajaran internet, ia menjelaskan bahwa Internet ialah sebuah sebutan unutk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, komersial, pemerintahan, organisasi dan perorangan.

Lanjutnya Ia menjelaskan bahwa internet dapat menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan berbagai sumber informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Internet sendiri mempunyai banyak layanan, seperti komunikasi secara langsung contoh nya Chating dan E-mail, Usenet News dan millis, dan juga sumber dya informasi yang terdistribusi seperti WWW dan Groper, remote login serta lintas file seperti Telnet dan FTP dan juga layanan lainnya.

11. Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer (2005)

Beberapa tokoh dalam tim ini menjelaskan bahwa internet ialah sebuah metode untuk menghubungkan berbagai macam komputer kedalam satu jaringan global yang luas. Setiap masing – masing komputerdapat terhubung dengan jaringan global yang luas melalui sebuah protokol yang disebut TCP atau IP.

12. Drew Heywood (1996)

ia mengatakan bahwa Internet tidak lepas dari sejarahnya, ini berawal pada akhir dekade 60-an saat DoD atau United States Departement of Defense memerlukan sebuah standar baru dalam melakukan komunikasi internetworking. Standar tersebuh harus mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas, jaringannya harus kuat, aman, tahan kerusakan sehingga mampu beroprasi dalam kondisi minimum karena perang atau bencana.

BACA JUGA :   Pengertian Fungsi Dan Jenis Layanan ISP

13. Green Law dan Heep (2002)

Mereka menyatakan bahwa internet ialah sebuah sistem informasi global yang terhubung dengan logika oleh address atau alamat yang unik yang berbasis pada IP dan mempunyai dukungan komunikasi TCP, ini menyebabkan internet dpat digunakan, diubah dan diakses diseluruh dunia dengan langsung baik denga umum ataupun dengan khusus.

14. Turban, Rainer dan Potter (2005)

Meburut mereka Internet ialah suatu jaringan besar yang menghubungkan jaringan komputer, baik dari suatu organisasi dan bisnis, sekolah – sekolah, organisasi pemerintah diseluruh dunia dengan langusng dan tidak langsung dan berlangsung dengan cepat.

15. Lutfi SY

Dalam modulnya, Ia menjelaskan Internet ialah suatu jaringan komputer yang saling berhubungan secara global, yang memungkinkan penggunanya saling bertukar informasi atau dta dengan jaringan tersebut. Lanjutnya Ia menjelaskan bahwa Internet ialah suatu sistem komunikasi data yang bersekala global yang disusun atas sebuah infrastruktur yang terdiri dari softwere dan hardwere yang menghubungkan komputer dalam jaringan.

16. Engineers Garage

Ia mengetakan bahwa pada dasarnya tidak ada suatu definisi yang baku tentang penegrtian internet, Ia mengatakan bahwa sebenarnya Internet tidak membatasi diri untuk difinisi tertentu, Akan tetapi jika diartikan secara umum, Internet didefinasikan sebagai sejumlah jaringan kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi dengan tujuan untuk mengirimkan informasi.

17. Sibero

Internet ialah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputersecara global. Lanjtnya Ia menjelaskan bahwa Internet dapat disebut sebagai jaringan alam yakni suatu jaringan yang luas. Internet juga dapat melakukan kerja sama seperti jaringan komputer umumnya, sama seperti jaringan komputer lokal maupu jaringan luas. Internet juga menggunakan protokol komunikasi yang sama yakni IP / TCP.

18. Lani Sidharta (1996)

Internet ialah suatu bentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer dimana bisa memberikan bentuk layanan informasi dengan lengkap. Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa internet juga terbukti sebagai rekan maya atau virtual yang sangat ampuh, biasa digunakan dalam media politik, bisnis dan untuk hiburan.

Walau secara fisik Internet ialah suatu bentuk interkoneksi antar jaringan kompuetr akan tetapi secara umum Internet harus dapat dipandang dan dipahami sebagai sebuah sumber daya informasi. Ia juga menyebutkan bahwa isi internet ialah informasi, dimana hampir semua aspek kehidupan manusia dapat diakses jika ditemukan dan bentuk virtual internet.

BACA JUGA :   Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya

19. Ned Snell

Ia berkontribusi dalam memberikan pengertian tentang internet, menurut Nedd Snell Internet ialah sebuah koridor bagi bermacam – macam sumber daya yang ada padanya dan setiap sumber daya itu diakses melalui piranti yang berbeda.

20. Sarwono (2012)

Internet ialah sebuah kumpulam jaringan yang mempunyai skala global, lebih lanjut Ia mengatakan bahwa tidak satupun orang yang dapat bertanggung jawab untuk menjalankan Internet itu sendiri, Awalnya Internet hanya digunakan untuk kebutuhan militer akan tetapi sekarang Internet merambah pada keperluan masyarakat sipil dan untuk hiburan.

21. Berners Lee

Ia menciptakan konsep WWW yang meyebutkan bahwa internet ialah sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. ini jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu atau lokal dapat terhubung dalam suatu jaringan lainnya.

22. Kamos Oxford

Ini merupakan salah satu kamus internasional yang paling reliabel sebagai panduan dari berbagai macam penegrtian, dalam kamus ini disebutkan bahwa Internet ialah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasy yang standar.

23. Federal Networking Council

FNC menyebutkan bahwa Internet menunjuk pada suatu sistem informasi secara global, yang secara logis dihubungkan dengan satu alamat yang unik yang didasari pada IP. TCP atau IP lain yang kompitible dan memudahkan publik dan individu melakukan akses komunikasi tingkat tinggi dan berkaitan dengan infrastruktur.

24. Wikipedia

Internet ialah singkatan dari Interconnection Networking yang merupakan keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. supaya saling terhubung internet menggunakan sebuah sistem standar yakni IP atau TCP untuk melayani pertukaran paket dalam jaringan tersebut keseluruh dunia.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang 24 Pengertian Internet Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka