Pengertian Seni Rupa Terapan dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Pengertian Seni Rupa Terapan dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Pengertian Seni Rupa Terapan dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan – Pada kesematan kali ini kita akan membahas tentang seni rupa, dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa terapan merupakan benda hasil karya seni rupa yang dapat digunakan dalan kegiatan sehari – hari, mempunyai fungsi serta kegunaan tertentu dan pasti memiliki nilai seni. Seni rupa terapan terbentuk dalam dua jenis yakni seni rupa terapan dua dimensi dan seni rupa terapan tiga dimensi. Dari pengertian tersebut bisa kita mengerti bahwa benda – benda yang ada di sekitar kita merupakan hasil karya seni.

Pengertian Seni Rupa Terapan dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Terdapat dua fngsi pada karya seni rupa terapan, yakni fungsi estetika dan fungsi praktik. Fungsi praktik yakni karya seni yang mempunyai tujuan utama untuk dipakai dalam kehidupan sehari – hari. Contohnya kursi, meja, lemari dan lain sebagainya. Fungsi estetika yakni fungsi yang bertujuan hanya untuk keindahan atau hanya untuk hiasan. Contohnya guci, vas bunga, hiasan dinding berganbar batik dan semacamnya.

Seni rupa terapan sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dulu. Seni rupa terapan sangat berkembang pada zaman kerajaan. Terutama pada reknik peleburan pada logam, banyak sekali penemuan tentang peninggalan sejarah yang termasuk dalam kerya seni rupa terapan.

Jenis Seni Rupa Terapan

– Seni dekorasi : yakni seni rupa terapan yang bertujuan untuk menghias suatu tempat, panggung untuk suatu acara atau menghais suatu rungan.

– Seni ilustrasi : yakni seni rupa terapan yang berupa gambar atau foto untuk menjelaskan sesuatu agar lebih mdah memahami suatu bacaan. Fungsi ini biasanya kita temui dalam buku – buku fiksi ataupun non fiksi.

BACA JUGA :   Perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern

– Seni grafis terapan : yakni seni rupa terapan yang berfungsi sebagai media komunikasi yang berupa gambar.

– Seni kriya terapan : yakni seni rupa terapan yang biasa di gunakan dlam kehidupan sehari – hari akan tetapi memiliki nilai seni.

– Seni arsitektur : yakni benda yang berupa bangunan, tempat ibadah, gedung dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Terapan

– Keramik

Barang hasil karya seni rupa terapan hasil pembakaran tanah liat yang telah dibentuk dengan manual atau dengan memanfaatkan teknologi. Contohnya porselin, gerabah, guci dan lain sebagainya.

– Kulit

Seni rupa terapan dari kerajinan kulit yang sangat banyak. Mulai dari sepatu, jaket, sabuk atau tali pinggang, tas dan lain sebagainya. Jawa Barat dan Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar penghasil kerajinan kulit.

– Batik

Bati merupakan kain yang digambar dengan khusus, dengan cara menuliskan atau menerakan malam pada kain tersebut. Batik Indonesai sudah mendapat pengakuan dan ditetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intaghible Heritage of Humanity oleh UNESCO sejak tanggal 2 oktober 2009. Di Indonesia banyak pengarajin batik yang tersebar di berbagai daerah dan mempunyai s=ciri khas masing – masing disetiap daerah. Produk batik yang banyak di kenal yakni batik Pekalongan, Solo dan masih banyak lagi.

– Anyaman

Anyaman ialah rangkaian serat yang membentuk sebuag benda. Bahan dari anyaman biasanya berasal dari serat – serat tumbuhan. Akan tetapi sekarang banyak kita temui anyaman yang berasal dari plastik. Contohnya keset, kursi, keranjang dan lainnya.

– Ukiran Batu

Seni ini banyak sekali kita temui akan tetapi biasanya ukiran batu dijadikan benda yang digunakan sekali saja dan tidak dapat di pindahkan karena berat yang lumayan. Contohnya ornamen rmah, hiasan dinding, candi – candi dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   Pengertian Seni Grafis dan Contoh Seni Grafis

– Logam

Karya seni yang bersala dari logam cukup populer di Negara kira sejak zaman dahulu. Ini terlihat dari banyaknya peninggalan sejarah yang berupa benda yang terbuat dari logam. Sekarang banyak sekali pengrajin logam, contohnya di Kotagede, Yogyakarta. Di sana banyak sekali pengrajin perak. Banyak benda yang terbuat dari perak, seperti perhiasan yang di pakai, hiasan rungan, perabot rumah tangga dan lain sebagainya. Tembaga dan kuningan juga termasuk logam biasa di jadikan karya seni terapan.

– Ukiran Kayu

Karya seni yang satu ini emrupakan karya seni yang melekat dikalangan masyarakat melayu. Di Indonesia, daerah yang terkenal dengan ukiran kayunya ialah Jepara.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Seni Rupa Terapan dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka