Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuat Folder Terlengkap

Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuat Folder Terlengkap

Posted on

Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuat Folder Terlengkap – Sahabat Pendidikan kembali lagi bersama kami. Kali ini kita akan membahas tentang Folder, Ya File Folder pada Komputer atau Laptop anda, yang mana pembahasan kita melingkupi Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuat Folder. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini.

Definisi Umum Folder

Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuat Folder Terlengkap

Di Amerika Serikat Folder dinamakan File Folder, sedangkan di Inggris dan Australia disebut hanya dengan Folder. Jadi folder ini digunakan untuk memisahkan file yang berbentuk kertas sesuai dengan jenis filenya. Dan dengan menggunakan folder dapat mengurangi resiko kerusakan dari file yang kita simpan karena biasanya folder tersebut material lebih keras daripada kertas. Adapun bahan dalam pembuatan folder bisa berbeda-beda, bisa terbuat dari bahan kertas yang agak keras atau dapat juga dibuat dari plastik.

Dan sedangkan pada komputer, folderlah tidak jauh berbeda seperti penjelasan sebelumnya. Namun perbedaannya ialah jika folder yang ada di komputer berbentuk digital atau tidak berwujud nyata dan sedangkan folder untuk menyimpan file kertas berbentuk fisik dan nyata atau dapat dilihat dan dipegang.

Definisi Folder Pada Komputer

Folder pada sistem komputer ialah suatu program digital pada komputer atau PC (Personal Computer) yang berguna untuk menyimpan berbagai macam file (baik itu data dalam bentuk teks, foto, video dan lain sebagainya) didalamnya. Dengan adanya folder tersebut tentunya kita lebih dipermudah dalam memisahkan file yang sejenis atau ber ekstensi sama atau ambil sederhananya kita bisa memisahkan data atau file sesuai dengan keinginan kita. Misalnya seperti file musik, dokumen, foto, video dipisahkan sendiri-sendiri menggunakan folder yang berbeda. Jadi pada saat kita membutuhkan file-file tersebut kita akan lebih mudah dan tidak perlu susah mencarinya, cukup cari saja folder yang sudah di buat sebelumnya dengan nama yang telah disesuaikan.

Sebenarnya folder secara permanen sudah terinstal didalam sistem operasi komputer atau laptop. Dan biasanya untuk menandakan suatu folder yaitu dengan sebuah icon yang menggambarkan simbol berbentuk tas atau koper yang berwarna kuning. Adapun nama lain dari folder ialah direktori. Dan biasanya bahasa directory tersebut digunakan di komputer yang berbasis DOS dan linux.

Fungsi Folder

Dari Penjelasan diatas untuk fungsi dari Folder sendiri, sahabat sekalian sudah bisa mengetahuinya dengan jelas. Namun pada pembahasan ini kami kembali jelaskan kepada sahabat sekalian.

Folder sendri berfungsi untuk menyimpan dokumen atau file. Didalam folder dapat menyimpan jenis file lain, seperti aplikasi, foto, arsip, video dan jenis file-file lainnya. Dan didalam folder dapat juga ditambahkan folder didalam folder atau biasa disebut subfolder.

Fungsi folder juga bisa digunakan untuk mengatur file. Misalnya ialah ketika kita memiliki beberapa foto digital, kita bisa menyimpan foto tersebut dalam folder “Gambar atau Picture”, jika kita memiliki file seperti mp3, midi kita juga bisa menyimpannya di folder “Audio atau Music”, dan jika kita mempunyai file dalam bentuk ketikan, baik itu data excel, word, atau surat-surat lainnya kita bisa menyimpannya folder “Documents”. Atau jika sering mendownload dari internet nantinya akan secara otomatis disimpan dalam folder “Downloads”.

Didalam Windows juga, software yang telah berhasil terinstall, secara default akan disimpan didalam folder “Program Files”, dan sedangkan menggunakan linux software disimpan di folder “Applications”.

Folder sendiri dapat berisi hingga beberapa gigabyte data. Dan kita bisa melihat berapa kapasitas data yang tersimpan dalam satu folder dengan cara tekan Alt + Enter pada keyboard atau bisa juga dengan cara klik kanan pada folder tersebut dan pilih “properties” ketika menggunakan sistem operasi windows, dan jika menggunakan sistem operasi linux dapat dengan cara klik kanan pilih “Get Info”.

Cara Membuat Folder di Komputer

Adapun cara membuat sebuah Folder di Komputer yaitu sebagai berikut :

1. Membuat Folder di dalam Drive baik itu di Drive C, D, E dan seterusnya

  • Masuklah ke dalam My Computer atau Windows Explorer atau juga bisa mentekan tombol Windows + E pada keyboard secara bersama
  • Pilih drive tempat dimana kita akan membuat sebuah Folder
  • Klik kanan pada mouse, pilih New, lalu pilih Folder
  • Dan kita berhasil membuat sebuah Folder dengan nama “New Folder”, dan kita bisa memberi nama folder tersebut dengan dengan cara, klik kanan pada polder, pilih Rename dan isi beri nama pada folder dengan nama yang di inginkan
  • Dan folder telah selesai dibuat

2. Membuat Folder langsung di dekstop laptop atau komputer

  • Pada saat berada di Dekstop klik kanan pada muose lalu pilih New Folder
  • Maka akan terbuat folder baru di dekstop
  • Untuk membuat folder di sistem operasi linux kurang lebih sama caranya yaitu dengan cara pilih New Folder juga.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuat Folder Terlengkap, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga >>>


Loading...