Pengertian, Penyebab dan Cara Menghindari Persekusi

Pengertian, Penyebab dan Cara Menghindari Persekusi

Posted on

Pengertian, Penyebab dan Cara Menghindari Persekusi – Karena sering maraknya kasus Persekusi dikesempatan kali ini kita akan membahas Persekusi, apa itu persekusi dan apa penyebabnya. Untuk menjawab ulasan tersebut silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Persekusi

Secara umum persekusi atau dalam bahasa Inggris Persecution merupakan perlakuan buruk atau penganiayaan secara sistematis oleh individu ataupu kelompot tertentu kepada individu atau kelompok lainnya, khususnya dikarenakan suku, agama, atau pandangan politik. Persekusi sendiri ialah salah satu kejahatan kemanusiaan yang diartikan ke dalam Statuta Roma Mahkamah Pidana International. Timbulnya penderitaan, penahanan, pelecehan, ketakutan, serta berbagai faktor lain yang dapat menjadi indikator munculnya tindakan persekusi, namun hanya penderitaan yang cukup berat yang dapat dikategorikan sebagai tindakan persekusi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia persekusi merupakan pemburuan sewenang-wenang terhadap seseorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas.

Menurut Damar Juniarto (Anggota Koalisi Anti Persekusi dari Safenet), ia mengungkapkan bahwa, Persekusi itu berbeda dengan main hakim sendiri, dalam artian yang sebenarnya persekusi itu merupakan tindakan memburu seseorang atau golongan tertentu.

Penyebab terjadinya persekusi

  • Persekusi dapat terjadi karena kebebasan berpendapat yang melampaui batas
  • Dikarenakan ketidak percayaan (Krisis Kepercayaan) seseorang kepada aparat penegak hukum, dan melakukan tindakan sewenang-wenang atau Persekusi

Cara Menghindari Persekusi

Ada beberapa cara menghidari tindakan pesekusi, caranya adalah sebagai berikut :

Bayangkan Jika diucapkan secara langsung.

Sebelum mengunggah pernyataan, komentar, berita atau apapun, bayangkan jika dalam menyampaikannya secara langsung di hadapan orang yang dituju. Dan bayangkan apakah disaat itu kita akan benar-benar berani menyampaikan hal tersebut. Atau justru ragu dan takut. Jika keraguan itu muncul, akan lebih baik mengurungkan niat tersebut.

Pikirkan konsekuensinya

Pikirkan apa yang nantinya akan sampaikan itu memiliki faedah (manfaat) untuk banyak orang atau justru malah tidak ada gunanya sama sekali, atau bahkan mengundang perpecahan.

Pahami dan cek kembali informasi.

Pentingnya memahami segala informasi mengenai hal yang ingin disampaikan. Lihat dari berbagai perspektif serta sumber. Cek sumber tersebut dan jangan sampai ternyata kita hanya akan menyebarkan berita-berita hoax (Kebohongan).

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Penyebab dan Cara Menghindari Persekusi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...