Pengertian dan jenis peta umum lengkap

Pengertian dan jenis peta umum lengkap– Peta merupakan sebuah serangkaian gambar suatu wilayah yang digambarkan dibidang datar. Media yang digunakan biasanya menggunakan kertas dan lainnya yang beruapa bidang datar.

Peta banyak sekali fungsinya. Contohnya adalah sebagai acuan untuk mengetahui jarak suatu wilayah dengan menggunakan skala tertentu, menyajikan data untuk melihat potensi-poetensi yang terkandung didalam wilayah tersebut, dan sebagai alat untuk menjelaskan serangkaian rencana dalam pembangunana atau pelestarian wilayah.

Pengertian peta

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.

Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.

BACA JUGA :
Batas Landas Kontinen, Laut Teritoial, Dan Zone Ekonomi Eksklusif

Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi. Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.

Pengertian dan jenis peta umum lengkap– Itulah serangkain pengertian peta yang telah sejak lama dipelajari dan kaji oleh para ilmuan yang sampai saat ini masih banyak sekali digunakan dalam kebutuhannya.

Terdapat beberapa jenis peta, yaitu ada peta khusus dan peta umum. Berikut masterpenddikan.com akan menjelaskan dan menguraiakn apa itu peta khusus dan peta umum.

BACA JUGA :   Nama-nama Gunung Tertinggi di Indonesia dan Letaknya

Peta khusus

Peta khusus merupakan peta yang hanya menggambarkan suatu wilayah dengan objek tertentu. Contohnya adalah peta kepadatan penduduk, peta ini hanya menampilakan suatu wilayah dengan kepadatan penduduk saja. Sementara hal lainnya tidak ada, maka dari itu peta ini disebut peta khusus.

Contoh lainya yaitu peta yang menggambarkan sebuah potensi satwa yang banyak berkembang di sebuah wilayah tertentu.

Peta umum

Peta umum merupakan peta yang digambarkan dibidang datar. Peta ini menampakan permukaan bumi yang sesungguhnya, bagaimana keadaan bumi yang terlihat saat ini.

Contohnya adalah peta negera Republik Indonesia, digambarkan keseluruhan untuk kebtuhan tertentu seperti rencana rancangan pembangunan.

peta umum dibagi menjadi 3 bentuk yaitu peta topografi, peta korografi, dan peta dunia atau georafi.

Peta topografi

Yaitu peta yang menggambarkan permukaan bumi lengkap dengan reliefnya. Penggambaran relief permukaan bumi ke dalam peta digambar dalam bentuk garis kontur. Garis kontur adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian yang sama.

Peta korografi

yaitu peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi yang bersifat umum, dan biasanya berskala sedang. Contoh peta korografi adalah atlas.

Peta dunia atau geografI

yaitu peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

You May Also Like

About the Author: admin