Pengertian, Jenis dan Fungsi Dari Peta

Pengertian, Jenis dan Fungsi Dari Peta

Mendengar kata peta tentunya bukan hal asing lagi bagi kita semua, terlebih jika kamu seorang traveler pastinya akan sering menggunakan peta. Bahkan dengan teknologi saat ini, peta juga masih digunakan seperti google maps yang merupakan peta digital. Tapi, apakah kamu tahu apa sebenarnya pengertian dari peta? Lalu apa saja jenis serta fungsi dari peta? Berikut penjelasannya.

Apa itu Peta?

Berasal dari bahasa Yunani, peta memiliki arti taplak atau kain penutup meja. Namun secara umum, peta merupakan gambaran permukaan bumi dalam bidang datar dan diperkecil menjadi skala tertentu dan juga memiliki simbol –simbol yang menjelaskan isi dari peta tersebut.

Menurut International Cartographic Association atau ICA, peta merupakan representasi ataaupun gambaran unsur – unsur ketampakan yang abstrak dari permukaan bumi dan memiliki kaitan dengan permukaan bumi maupun benda – benda angkasa yang umumnya digambarkan pada bidang datar dan diskalakan atau diperkecil.

Jenis – Jenis Peta

Peta juga memiliki beberapa jenis yang harus kamu ketahui agar tidak keliru dalam mengartikannya. Seperti beberapa berikut ini:

1. Berdasarkan Isi

Berdasarkan isinya, peta dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Peta Umum, jenis peta satu ini menampilkan permukaan bumi secara keseluruhan baik dari segi alam maupun buatan manusia dengan gambaran informasi yang ditampilkan secara umum seperti peta rupabumi, topografi, korografi dan lainnya.
  • Peta Khusus atau Tematik, informasi yang ditampilkan merupakan penampakan tertentu dengan symbol yang juga sesuai dengan tema atau judul peta seperti peta kepadatan, peta penggunaan lahan dan lainnya.
BACA JUGA :   6 Pengertian Peta Menurut Para Ahli

2. Berdasarkan Skala

Berdasarkan skala, peta dibagi lagi menjadi lima jenis, yaitu:

  • Peta Teknik atau Kadaster, skala yang dimiliki peta ini merupakan skala yang paling besar yaitu 1 : 100 hingga 1 : 5.000, sehingga peta ini sangat rinci dan biasanya digunakan untuk perencanaan jaringan air, jaringan jalan dan lainnya.
  • Peta Skala Besar, peta yang biasanya digunakan dalam perencanaan wilayah ini memiliki skala 1 : 5.000 hingga 1 : 250.000.
  • Peta Skala Sedang, peta ini memiliki skala 1 : 250.000 hingga 1 : 500.000.
  • Peta Skala Kecil, peta ini memiliki skala 1 : 500.000 hingga 1 : 1.000.000.
  • Peta Dunia atau Geografi, peta ini memiliki skala yang paling kecil yaitu 1 : 1.000.000.

Fungsi Peta

Jika kamu memerlukan peta sebagai media untuk mengetahui atau mencari suatu lokasi, secara umum peta memiliki fungsi lainnya seperti berikut ini:

  • Sebagai gambaran dari bentuk permukaan bumi seperti negara, benua, sungai, gunung dan lainnya.
  • Membantu para peneliti dalam melakukan survei pada suatu daerah yang akan diteliti.
  • Memperlihatkan segala ukuran seperti jarak, luas ataupun arah pada suatu tempat yang ada di bumi.
  • Dapat membantu kita dalam mempelajari fenomena yang terjadi pada permukaan bumi.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian, jenis dan fungsi dari peta. Semoga bermanfaat dan menjadi informasi tambahan untuk kamu yang membutuhkannya.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi