Pengertian, Asas, Sifat dan Menjaga Ketahanan Nasional

Pengertian, Asas, Sifat dan Menjaga Ketahanan Nasional

Posted on

Pengertian, Asas, Sifat dan Menjaga Ketahanan Nasional – Pada kesempatan ini kita akan masuk kedalam pembahasan tentang Ketahanan Nasional, apa itu Ketahanan Nasional. Untuk jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian Ketahanan Nasional

ketahanan nasional itu merupakan keuletan dan ketangguhan yang bisa mengembangkan ketahanan atau kekuatan nasional agar dapat menghadapi berbagai macam hambatan, tantangan serta ancaman yang berasal dari luar maupun dari dalam.

Definisi lain dari ketahanan nasional yaitu kondisi kehidupan nasional yang wajib diwujudkan maupun dibina secara berkelanjutan. Dan hal ini dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa serta negara dengan keuletan dan ketangguhan agar mampu mengembangkan kekuatan nasional.

Ketahanan nasional itu sangat penting bagi suatu bangsa dan negara, tentu khususnya negara kita Indonesia. Karena setiap bangsa tentu memiliki cita-citanya masing-masing. Dalam prosesnya tentunya suatu bangsa akan menghadapi berbagai macam persoalan, tantangan atau hambatan yang perlu diatasi. Maka dari itu suatu bangsa harus memiliki keuletan, kekuatan dan ketangguhan untuk menghadapinya.

Asas Ketahanan Nasional Negara Indonesia

Yaitu tata laku yang didasari dengan nilai-nilai hukum, tersusun di dalam Pancasila, dan Undang-Undang Dasar 1945 serta wawasan nasional, yang dijelasan dibawah ini:

Asas Kesejahteraan Dan Keamanan
Kesejahteraan dan keamanan bisa dibedakan, namun tidak dapat dipisahkan, kesejahteraan dan keamanan merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat mendasar dan esensial, baik itu secara perorangan atau kelompok di dalam kehidupan bermasyarakat, serta berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu kesejahteraan dan keamanan harus sama-sama dan tidak boleh diabaikan, karena hal tersebut merupakan parameter tingkat dari ketahanan nasional bangsa dan negara.

Asas Komprehensif Integral / Menyeluruh Terpadu
ketahanan nasional itu mencakup ketahanan seluruh aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh, terpadu, serasi dan selaras dari semua aspek dalam kehidupan yang bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Asas Mawas Ke Dalam Dan Mawas Ke Luar
Ketahanan nasional sudah pasti akan berinteraksi dengan lingkungan eksternal atau luar. Sehingga pada proses interaksinya akan menimbulkan dampak yang baik dan tidak baik bagi kehidupan bangsa, maka dari itu diperlukannya sikap mawas kedalam dan keluar. Mawas ke dalam sendiri tujuannya untuk menumbuhkan hakikat, sifat maupun kondisi kehidupan nasional. Dan sedangkan mawas keluar bertujuan untuk mengantisipasi sekaligus berperan dalam menghadapi serta mengatasi dampak yang berasal dari luar negeri.

Asas Kekeluargaan
Mngandung keadilan, kebersamaan, kearifan, kesamaan, gotong-royong dan tenggang rasa serta tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.

Sifat Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional tentunya memiliki sifat yang berasal dari nilai-nilai yang terkandung dalam landasan dan asas-asasnya. Yang diantaranya, yaitu sebagai berikut :

  • Mandiri

Kemandirian adalah salah satu syarat agar dapat menjalin kerja sama dengan negara lain. Yang bertujuan agar mendapatkan hal-hal yang dianggap saling menguntungkan satu sama lain dalam perkembangan global.

  • Dinamis

Sesuatu hal yang ada didunia selalu berubah-ubah, begitu juga ketahanan nasional-pun tidak tetap dan dapat berubah-ubah, bisa meningkat maupun menurun. Oleh karena itu usaha dalam meningkatkan ketahanan nasional harus selalu diutamakan, dengan tujuan agar dapat mengembangkan kondisi kehidupan nasional agar jauh lebih baik lagi.

  • Wibawa

Semakin tinggi tingkat ketahanan nasional, maka tentu akan semakin tinggi juga kewibawaan nasional. Sehingga akan semakin tinggi daya tangkal yang dimiliki bangsa Indonesia terhadap dampak-dampak negatif yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

  • Konsultasi Dan Kerjasama

Konsep ketahanan nasional mempunyai sikap yang konsultatif, kerjasama, saling menghargai, saling menghormati serta saling mengandalkan pada kekuatan moral maupun pada kepribadian bangsa.

Menjaga Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional sendiri dipengaruhi oleh kestabilan bidang ekonomi, sosial-budaya, politik maupun keamanan nasional. Kestabilan dan kekuatan perekonomian tentu sangat dibutuhkan agar dapat mewujudkan ketahanan nasional. Kekuatan pada bidang perekonomian nantinya akan dapat terbentuk dengan adanya sistem maupun pelaksanaan yang baik, pada sektor moneter dan riil, dalam bentuk kebijakan yang bisa membangun. Tingkat pendidikan pada masyarakat juga sangatlah diperlukan untuk kekuatan perekonomian. Karena pendidikan pada masyarakat akan dapat mencerdaskan bangsa, oleh sebab itu pendidikan ialah salah satu faktor terpenting agar masyarakat memiliki daya tahan dalam menghadapi setiap permasalahan, serta memiliki kemampuan agar selalu berusaha menghadapi hambatan dan tantangan.

Kestabilan politik juga sangat dibutuhkan agar dapat menciptakan ketahanan nasional. Oleh karena itu dukungan yang kuat dari pihak pemerintah, dengan pemerintahan bersih dan demokrasi yang sehat tentu sangat diperlukan agar dapat mewujudkan ketahanan nasional. Selanjutnya sistem dari pertahanan dan keamanan nasional yang kuat, dijalankan dengan baik dan benar dengan keberpihakan pada kepentingan seluruh masyarakat sangat diperlukan untuk memberi rasa aman, sehingga masyarakat dapat menjalankan kegiatan ekonomi yang nantinya bisa mewujudkan ketahanan nasional. Serta dengan ideologi yang jelas dan kuat, maka bangsa akan mempunyai tujuan yang sama dalam menjaga ketahanan nasional. Adapun ideologi yang dimaksud disini yaitu ideologi Pancasila.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Asas, Sifat dan Menjaga Ketahanan Nasional, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...