Pengertian Manajemen Artis Beserta Fungsi dan Tujuannya

Pengertian Manajemen Artis Beserta Fungsi dan Tujuannya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Manajemen Artis. Apa itu Manajemen Artis, serta apa Fungsi dan Tujuannya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Manajemen Artis

Seperti halnya menjadi seorang artis (Aktor & Aktris) merupakan salah satu profesi yang diidam-idamkan setiap orang, hal ini karena sosok artis yang sering nampang di media seperti TV, selalu ada tawaran job-job manggung, serta main sinetron yang tidak pernah sepi. Dan semakin sering muncul di media massa, popularitas seorang artispun akan semakin naik. Dengan seiring ketenaran yang melejit otomatis pundi-pundi penghasilannya (Uang, Emas dll) pun akan bertambah banyak.

Karena banyaknya orderan masuk untuk manggung, main sinetron, jadi bintang iklan dan lain sebagainya, maka artis-artis ini akan mebutuhkan seorang asisten dan manajer. Dan tugas dari seorang Manajer yaitu untuk mengatur jadwal artis manggung, mengatur keuangan artis, mengatur perjanjian kontrak dengan para sponsor dan lain sebagainya.

Pengertian Manajemen Artis Beserta Fungsi dan Tujuannya

Adapun definisi dari Manajemen artis yaitu kebutuhan wajib yang ada di dunia selebritis (Artis) dewasa ini. Manajemen yang solid tentunya mencerminkan profesionalitas dari artis tersebut. Jadi jika ada stasiun televisi atau rumah produksi atau PH (Produksion House) yang ingin menggunakan jasa artis tersebut, tinggal menghubungi atau menelpon manajemennya.

Fungsi Dan Tugas Manajemen Artis

Berikut ini mweupan fungsi serta tugas utama dari manajemen artis yang dapat dijadikan patokan jika ingin membuka bisnis dalam bidang manajemen keartisan, yaitu sebagai berikut :

  • Mengatur seluruh jadwal artis, mulai dari pentas, show hingga shooting. Manajemen juga harus pandai mengatur jadwal undangan pentas agar jadwal artis tersebut tak benturan dengan jadwal pentas lain. Selain itu juga manajemen harus memastikan fasilitas serta akomodasi untuk artis selama pentas / roadshow.
  • Menyusun kontrak kerja sang artis dengan pihak ketiga yang ingin menggunakan jasa dari artis tersebut. Kontrak kerja ini sangatlah penting sebagai bukti kerjasama.
    Mengatur keuangan / pembagian kompensasi. Karena di dalam suatu kontrak kerja antara manajemen dicantumkan juga pembagian hasil pemasukan dari pentas, main film, sinetron serta kontrak dari sponsor.
  • Manajemen juga wajib membuat laporan keuangan, yang meliputi tentang pemasukan dan pengeluaran si artis. Pembagian hasil dari pemasukan dari artis dengan menajer haruslah jelas presentasenya. Dan harus Mengajukan legalitas / hak paten atas hasil karya artis.
  • Manajemen artis juga diharuskan (diwajibkan) mengurus hak paten atas hasil karya dari artisnya, hasil karya bersama dan segala merchandise, atribut iklan, promosi dan lain sebagainya. Karena perlindungan hak paten itu sangatlah penting bagi seorang artis, karena hal ini merupakan sebuah hasil dari ide serta kreativitas untuk karya intelektual yang patut dilindungi. Dan Mempromosikan artis yang ada di bawah manajemennya.
  • Manajemen artis harus konsisten mempromosikan artis yang ada di bawah naungannya agar selalu eksis dan mendapat tawaran dari pihak ketiga untuk show, mengisi event atau tawaran untuk iklan model produk. Karena semakin gencarnya menajemen mengorbitkan artisnya, tentu akan banyak juga tawaran yang akan masuk dan berdampak pada pemasukan manajemen itu sendiri.
BACA JUGA :   Pengertian, Fungsi, Ciri, Serta Kelebihan Dan Kekurangan Billboard Terlengkap

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Manajemen Artis Beserta Fungsi dan Tujuannya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka